Sekaligus Jadi Narasumber

H Al Haris Buka Rakorwil Apkasi di Jogja

Rabu, 14 November 2018 - 21:12:11 - Dibaca: 1018 kali

Google Plus Stumbleupon


Bupati Merangin H Al Haris selaku Wakil Sekjen Apkasi saat membuka Rakowil Apkasi wilayah Yogjakarta
Bupati Merangin H Al Haris selaku Wakil Sekjen Apkasi saat membuka Rakowil Apkasi wilayah Yogjakarta / Jambi Ekspres Online

Bangko-Wakil Sekjen Apkasi H Al Haris pada Rabu (14/11), membuka Rapat koordinasi wilayah (Rakor) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Indonesia (Apkasi) di Hotel KJ Yogyakarta (Jogja).

Mengawali sambutannya bupati Merangin itu, menyampaikan salam hormat Ketua Umum Apkasi Mardani H Maming yang berhalangan hadir pada acara yang sangat strategis tersebut.

‘’Saya katakan strategis, karena dengan adanya rapat korwil yang mengumpulkan seluruh anggota, maka kita akan dapat memecahkan berbagai persoalan yang ada di daerah,’’ujar H Al Haris.

 Sedianya lanjut putra Jambi ini, Ketua Umum Apkasi yang akan membuka rakorwil itu, namun mendadak ada jadwal lain yang tidak dapat ditinggalkan, sehingga menugaskan wakil sekjen Apkasi membuka Rakorwil ini.

Secara lantang H Al Haris menerangkan, salah satu tugas korwil adalah mendorong dan memfasilitasi kerjasama antar anggotanya, guna pengembangan potensi ekonomi, sosial budaya, promosi, komunikasi, sesuai kebutuhan daerah.

Korwil juga diharapkan dapat melaksanakan pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar anggotanya yang memberikan manfaat bagi daerah. Tugas pokok tersebut tentu menjadikan korwil memiliki peran penting bagi organisasi.

‘’Peran inilah yang sedang dijalankan oleh Bupati Bantul Bapak H Suharsono selaku Koordinator Apkasi Wilayah Yogyakarta,’’terang H Al Haris pada acara yang juga dihadiri Wakil Ketua Umum Apkasi Hasto yang juga Bupati Kulonprogo.

Jika seluruh korwil Apkasi memainkan perannya secara aktif seperti Bupati Bantul tegas H Al Haris, maka Apkasi sebagai wadah induk dari seluruh kabupaten akan dipandang sebagai organisasi yang strategis dan berwibawa.

Harus diakui sambung bupati Merangin itu, Korwil Yogyakarta merupakan salah satu Korwil Apkasi yang paling aktif. Korwil ini merupakan salah satu Korwil yang memiliki sekretariat tersendiri untuk menjalankan perannya sebagai Koordinator.

Hal ini tentu dapat dicontoh oleh korwil-korwil lain untuk meningkatkan perannya dalam memfasilitasi kerjasama antar anggota dan melaksanakan pertukaran ide, selain dari menjaring aspirasi para anggota.

‘’Saya mewakili Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal mengucapkan terima kasih kepada Koordinator Apkasi wilayah Yogyakarta dan seluruh Bupati di wilayah Jogja, yang telah aktif membesarkan organisasi Apkasi,’’terang H Al Haris.

Sementara itu pada paparan selaku pemateri di Rakorwil itu, bupati Merangin menegaskan, Apkasi secara garis besar memiliki empat program besar untuk  memajukan anggotanya.

Keempat program itu, Program Advokasi, Program Peningkatan Kapasitas Anggota, Fasilitasi Pengembangan Potesi dan Perekonomian Daerah dan Pengembangan Kapasitas Organisasi.

(teguh/humas)