Kwarda Peringati Hari Bapak Pramuka Indonesia

Sabtu, 13 April 2019 - 22:55:03 - Dibaca: 817 kali

Google Plus Stumbleupon


Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi H. Sudirman SH MH bertindak sebagai Pembina Upacara
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi H. Sudirman SH MH bertindak sebagai Pembina Upacara / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Kwarda Gerakan Pramuka Jambi melaksanakan Peringatan Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX yang merupakan Bapak Pramuka Indonesia. Upacara Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia ini langsung dipimpin Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, H. Sudirman, SH, MH.

Saat dikonfirmasi Sudirman mengatakan, peringatan yang dilakukan adalah peringatan pertama. Hari Pramuka Indonesia berbarengan dengan kelahiran Sri Sultan Hamengkubuwuno ke IX.

“Upacara ini sesungguhnya adalah bentuk sukacita kita dari Gerakan Pramuka atas didikasi yang tinggi oleh Sri Sultan Hamengkubuwono ke-IX,” ujar Sudirman kemarin.

Kecintaan Sri Sultan Hamengkubuwono ke-IX kepada kepanduan dan kepramukaan, terlebih yang bersangkutan juga sempat memimpin beberapa periode sebaga Ketua Kwarnas, sehingga tahun 2018 lalu, Gerakan Pramuka Indonesia bersepakat untuk menetapkan 12 April sebagai Hari Bapak Pramuka Indonesia, atau Hari Pramuka Indonesia ditahun 2019 ini.

“Kalau beliau (Sri Sultan Hamengkubuwono ke-IX masih hidup, ini adalah usia beliau yang ke 107,” terangnya.

Diharapkan generasi muda gerakan pramuka, agar dapat memberikan contoh dan mensuri tauladani Sri Sultan Hamengkubuwono ke-IX. Selama hidupnya Sri Sultan Hamengkubuwono ke-IX, pernah dianugerahi penghargaan tertinggi dari Gerakan Pramuka Internasional.

“Beliau juga mantan wapres periode 1973-1978 dan beliau juga raja Yogyakarta. Semasa sebelum beliau wafat dan digantikan Sri Sultan Hamengkubuwono ke-X,” bebernya.

Sementara itu menjelang Pemilu yang dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang, ditegaskannya Pramuka sesuai amanah Ketua Kwarnas bahwa Pramuka tidak ikut dalam politik praktis.

Namun bukan berarti jajaran Pramuka tidak memilih, tetap dianjurkan untuk menggunakna hak pilih sebaik-baiknya, khususnya bagi usia pemilih.

“Intinya kita berharap siapa yang memimpin bangsa ini, dan siapa yang menjadi wakil kita legislative, NKRI tetap terjaga, Pancasila adalah ideolog Indonesia dan UUD 1945 sebagai konstitusi bagi bangsa Indonesia,” tandasnya.

Dalam dihadiri unsur pimpinan Kwarda Jambi, Andalan Daerah, Ketua Kwarcab Kota Jambi, staf Kwarda Jambi dan anggota Pramuka dari Gugus Depan. (yos)