Provinsi Jambi Butuh Pemimpin Energik, Visioner dan Paham Masalah Jambi

Kinerja Fasha Diapresiasi Para Tokoh

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:09:12 - Dibaca: 131 kali

Google Plus Stumbleupon


Walikota Jambi Sy Fasha
Walikota Jambi Sy Fasha / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Langkah Walikota Jambi Sy Fasha semakin mantap saja menuju Pilgub Jambi 2020 mendatang.

Setelah beberapa lembaga survey merelease hasil survey mereka dengan menempatkan walikota dua periode itu unggul jauh dari para kepala daerah lainnya di Provinsi Jambi, sekarang giliran para tokoh Provinsi Jambi yang mengakui kinerja Sy Fasha cukup ciamik dalam menakhodai Kota Jambi.

Kinerja ini tentu menjadi salah satu faktor melejitnya nama Sy Fasha dihasil survey. Suaranya merata hampir di seluruh daerah di Provinsi Jambi, padahal belum sama sekali melakukan sosialisasi.

Bahkan, hingga kini, nama Sy Fasha jelang kontestasi 2020 terus menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Kinerja itu menjadi modal utama Fasha untuk bertarung.

Salah satu tokoh yang mengapresiasi kinerja Sy Fasha adalah Rotani Yutaka, mantan Bupati Merangin. Menurutnya, untuk figur menjadi calon gubernur Jambi, Walikota Jambi Syarif Fasha memiliki kemampuan yang bagus. Di Kota Jambi, banyak terebosan yang sudah dibuat oleh Fasha.

“Tinggal lagi penilaian masing-masing masyarakat,” kata Rotani.

Lebih lanjut Rotani menyebutkan, penilaian pribadinya ini untuk memikirkan masa depan Jambi dengan melihat kemampuan calon.

“Dari pengalamannya di Kota Madya (Kota Jambi, red), cukup untuk menjadi dasar sebagai gubernur,” imbuhnya.

“Ini bukan masalah saya mendukung dan mengecilkan bakal calon lain,” tambahnya.

Rotani menyebutkan, jadi gubernur harus punya pengalaman manajerial yang baik.

“Ini sudah dilihat hasilnya di Kota Jambi. Contohnya di Kota Jambi banyak masalah terkait jalan, tempat rekreasi, dan ini mampu diatasi oleh Walokota Jambi Sy Fasha,” ungkap tokoh Jambi itu.

“Ini bukan soal saya mendukung seseorang dan tidak mendukung seseorang ya. Saya cuma bicara masalah figur. Jangan sampai ini menjadi salah pengertian,” kata Rotani lagi.

Mantan Bupati Bungo Tebo A Muthalib mengatakan, untuk menilai figur calon Gubernur Jambi dirinya belum bisa berkomentar banyak. Ia akan melihat dulu visi, misi dan pasangan bakal calon.

“Sampai saat ini saya belum bisa mengomentari calon gubernur. Untuk figur, semua punya potensi. Kita lihat baleho sudah bersebaran. Semua ada lebihnya ada kurangnya,” kata A Muthalib.

Terkait figur Sy Fasha, katanya, kepemimpinannya  bagus. Secara fisik  Kota Jambi banyak kemajuan.

“Untuk kepemimpinan sebagai Walikota Jambi, saya lihat bagus. Banyak penghargaan yang didapat dari pemerintah pusat, nasional, internasional. Penghargaan itu suatu penilaian dari prestasi yang dibuat Syarif Fasha. Cukup baik,” ungkapnya.

Banyak perubahan, katanya, terjadi di Kota Jambi. Mulai dari jalan yang kini sudah semakin lebar, kota bersih, rapi, jalan lingkungan sudah dibenahi menjadi rigid beton.

“Ada sosok pemimpin di diri Fasha. Banyak kelebihannya. Kita lihat lampu penerangan jalan juga, tempat reksereasi juga banyak dalam kota, bisa untuk masyarakat bersantai,” imbuhnya.

“Saya kemarin juga melihat kawasan perumahan di kawasan Mayang. Sudah bagus semua. Itu secara tidak langsung pengaruh dari kepempinan Walikota Jambi Sy Fasha,” sebutnya.

Senada, mantan Wabup Kerinci Rahman berpendapat, sejauh ini dirinya menilai jika hasil kinerja Sy Fasha selama memimpin Kota Jambi sudah sangat terbukti ke arah yang lebih baik.

"Masyarakat sudah seyogyanya bangga dengan pesatnya pembangunan di Kota Jambi diera Sy Fasha ini," katanya kepada harian ini.

Mantan Ketua DPD II Golkar Kerinci ini juga mengatakan, sejak dilantik pada periode pertama menjabat sebagai Walikota Jambi, Sy Fasha memang banyak menorehkan prestasi untuk Kota Jambi, baik dikancah nasional maupun internasional.

"Jadi wajar saja tingkat kepuasan masyarakat saat ini cukup tinggi terhadap kepemimpinan Walikota Sy Fasha," bebernya.

Selain itu, lanjut Rahman, keahlian dalam melakukan lobi-lobi untuk membawa program nasional maupun internasional ke Kota Jambi juga tak bisa dipandang sebelah mata. Dengan dana APBD Kota Jambi yang sangat terbatas, Fasha berhasil membangun kota, tentu dengan kemampuan lobynya di tingkat pusat dan internasional.

"Itu terbukti dari lobian saat mengumpulkan seluruh Walikota se Indonesia di Kota Jambi dalam rangkaian acara APEKSI beberapa waktu lalu," jelasnya.

Dengan hasil kinerjanya yang saat ini luar biasa itu, kata Rahman, tentu akan menjadi modal besar bagi Fasha untuk mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur Jambi 2020 mendatang.

"Beliau orang yang masih muda dan enerjik, jelas gerakannya dalam membangun Kota Jambi dengan sejumlah programnya akan cepat terealisasi," bebernya.

Tokoh masyarakat dari wilayah Timur Jambi juga tak mau ketinggalan menyampaikan apresiasinya terhadap figur Sy Fasha.

Menurut tomas Tanjab Barat H. Syaifuddin, dirinya secara pribadi memang sudah puluhan tahun mengenal sosok Walikota Jambi Sy Fasha itu. Jika benar Sy Fasha berniat maju di Pilgub Jambi merupakan langkah yang benar untuk membuat Provinsi Jambi bisa maju dan lebih baik lagi.

”Fasha itu muda, enerjik, pengalaman memimpinnya sangat baik, lihat saja kota Jambi sejak dipimpinnya tidak ada gejolak,” ujar politisi senior itu.

Menurutnya, Provinsi Jambi ini besar, dibutuhkan Gubernur yang enerjik dan mempunyai inovasi, pandai merangkul semua kalangan masyarakat.

”Kalau bicara SDM sudah tidak diragukan lagi, Kota Jambi itu banyak perubahan,  seperti baiknya tata kelola birokrasi pemerintahan, Kota Jambi dijadikan percontohan se-Indonesia yang mengfungsikan staf ahli kepala daerah,” terangnya.

Sementara itu, H Suhatmeri, politis PAN Tanjab Barat juga  sangat mendukung Fasha untuk maju di Pilgub Jambi, apalagi dipasangkan dengan Ratu Munawwarah, istri Alm Zulkifli Nurdin Gubernur Jambi 2 periode.

”Kita sangat mendukung, sosok Fasha itu tidak asing di Tanjabbar ini, lebih bagus lagi jika berpasangan dengan Ibu Ratu Munawwarah, karena Ibu Ratu mampu menarik suara perempuan, selain itu juga pernah menjadi anggota DPR RI, ” ungkap Suhatmeri.

 Politikus PKB, H. Fadli juga ikut memberikan tanggapan soal Fasha. Menurutnya, bisa dilihat perkembangan Kota Jambi saat ini yang maju pesat pembangunannya sejak dipimpin Sy Fasha. Hal ini akan menjadi modal besar untuk maju di Pilgub Jambi, yang tentunya juga bakal mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat Jambi yang ingin perubahan ke arah yang lebih baik.

”Provinsi Jambi ini bisa maju lebih cepat jika dipimpin orang yang berkualitas dalam memimpin, tidak stagnan tanpa adanya kemajuan yang berarti, ” pungkasnya.

Sementara Fahruddin Razi, Tokoh Jambi mengatakan, dirinya menilai kepemimpinan Walikota Jambi Sy Fasha di Kota Jambi berhasil.

“Kepemimpinanannya bagus. Semua manusia ada kelemahan dan kelebihan,” kata Fahruddin Razi yang juga merupakan Rektor Universitas Batanghari (UNBARI) itu.

Lebih lanjut adik kandung Abdurrahman Sayoeti, Gubernur Jambi 2 periode (1989 - 1994 dan 1994 - 1999) itu, menyebutkan, banyak yang sudah dibuat Sy Fasha di Kota Jambi. Semuanya cukup baik.

“Yang dibuat Sy Fasha di Kota Jambi sudah banyak, cukup baik. Saya tau Infrastruktur, Pendidikan, Ekonomi sudah baik,” imbuhnya.

Dengan adanya dia (Sy Fasha) memimpin di Kota Jambi, kemungkinan besar memiliki peluang bisa maju ke Provinsi Jambi.

“Dengan adanya dia dapat memimpin di Kota Jambi, kemungkinan besar bisa ke Provinsi Jambi. Kita juga tidak tahu persis, yang lain mungkin juga bisa,” pungkas. (hfz/wan/sun)