Rakor Program Kearsipan DPAD Provinsi Jambi Tahun 2019

Rabu, 07 Agustus 2019 - 13:27:48 - Dibaca: 2849 kali

Google Plus Stumbleupon



Foto bersama Kepala DPAD Provinsi Jambi, Sestama ANRI, Wabup, Staf Ahli Gubernur, Kepala OPD DPAD Kabupaten/Kota dan jajaran DPAD Provinsi Jambi
Foto bersama Kepala DPAD Provinsi Jambi, Sestama ANRI, Wabup, Staf Ahli Gubernur, Kepala OPD DPAD Kabupaten/Kota dan jajaran DPAD Provinsi Jambi / Jambi Ekspres Online

 SAROLANGUN – Dalam rangka memunculkan konsep-konsep pengembangan kearsipan di Provinsi Jambi. Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPAD) Provinsi Jambi, kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Kearsipan tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019. Kali ini DPAD Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan di Hotel Abadi Kabupaten Sarolangun.

Kepala DPAD Provinsi Jambi, H. Syamsurizal SE MSi mengatakan, kegiatan dilaksanakan untuk menyeleraskan program kearsipan antara ANRI, Pemprov dan Pemkab/Pemkot. “Agar terwujud sinergitas program kearsipan dan menghimpun masukan dalam rangka penyusunan rekomendasi guna terlaksananya sinergitas program kearsipan di Provinsi Jambi,” kata Syamsurizal.

Sementara, Wabup Sarolangun, H. Hilalatil Badri mengharapkan, dengan kegiatan ini agar bisa menjamin kearsipan yang dilakukan oleh pemda. Sehingga tercipta arsip yang otentik dan terpercaya, disamping memiliki tenaga pengelolaan arsip yang handal.

“Sebagai bukti pertanggung jawaban kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Serta menjamin ketersediaan arsip yang berkualitas dalam pemanfaatan  arsip yang otentik dan terpercaya,” harap Hilalatil.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Asraf SPt MSi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan DPAD Provinsi Jambi, terlebih dalam kegiatan langsung menghadirkan narasumber Sekretaris Utama ANRI. Dirinya melihat masih banyak lembaga kearsipan yang perlu dikembangkan, dan menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Kearsipan merupakan satu kesatuan terkait untuk mempercepat proses kehidupan bangsa, karena unsur terpenting birokrasi adalah mekanisme kearsipan,” jelas Asraf.

Sekretaris Utama ANRI, Sumarhayadi mengungkapkan, dengan adanya Rakor maka akan lebih mempererat hubungan antara pusat dan daerah, selain itu dengan Rakor adanya program terpadu tentang kearsipan, jangan sampai tidak terjadi sinkron antara program pusat dan daerah. “Kegiatan ini harus dilakukan rutin setiap tahun yang nantinya menjadi prioritas,” tandasnya.

Dalam kegiatan dihadiri Kepala DPAD Kabupaten/Kota, Kepala OPD Pemkab Sarolangun dan jajaran DPAD Provinsi Jambi.(adv)