Pemprov Jambi Laksanakan Shalat Istisqa Mohon Hujan

Jumat, 23 Agustus 2019 - 11:00:56 - Dibaca: 1236 kali

Google Plus Stumbleupon


Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum Berpesan Kepada Jamaah Sebelum Shalat Istisqa
Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum Berpesan Kepada Jamaah Sebelum Shalat Istisqa / Jambi Ekspres Online

JAMBI Shalat Istisqa memohon turunnya air hujan dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jambi bersama masyarakat setelah shalat ashar berjamaah di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Kamis (22/8).

Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyampaikan kabut asap, kekeringan dan kebakaran lahan telah menimbulkan dampak bagi kehidupan masyarakat. "Sudah hampir beberapa bulan ini semua merasakan kabut asap dan kekeringan yang telah mempengaruhi semua sektor kehidupan yang menimbulkan berbagai permasalahan sosial terutama gangguan kesehatan, mengganggu proses pendidikan, menghambat aktivitas transportasi," ungkap Fachrori

Jamaah Shalat Istisqo di lapangan Kantor Gubernur Jambi

Menurut Gubernur, adanya kebakaran lahan diberbagai tempat dan minimnya curah hujan yang turun saat ini sangat dirasakan dampaknya bagi masyarakat di Provinsi Jambi. "Terimakasih kepada jama'ah yang mengikuti sholat sunat istisqa pada hari ini merupakan wujud pengakuan kita kepada Allah Azzawajalla, semoga do'a kita diijabah dan semua kesulitan yang kita alami segera dihilangkan-Nya," ungkapnya. 

Selanjutnya Fachrori menegaskan selain memohon ampun kepada Allah SWT, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan agar diturunkan segera hujan yang membawa keberkahan juga diharapkan untuk lebih bijak dalam menjaga lingkungan hidup, mengelola dan memanfaatkan alam."Bijak menjaga dan memanfaatkan alam dan kita yakin Allah SWT akan menurunkan hujan menghilangkan bencana dan musibah yang kita hadapi," harap Fachrori. 

Dr.Hasbi Asshiddiqie selaku khatib shalat sunat istisqa menerangkan permohonan doa turunnya hujan dapat dilakukan secara sendiri namun pelaksanaan dengan berjamaah."Doa dapat dikabulkan dari seluruh jamaah, sebagian atau dari satu orang untuk itu kita laksanakan shalat sunat istisqa ini memohon turunnya hujan yang berkah," sampainya.

Diterangkannya juga pada masa Nabi Musa AS pernah dilaksanakan shalat sunat istisqa memohon turunnya hujan karena  kekeringan yang melanda negeri."Hujan berkah yang kita minta membasahi negeri yang sesungguhnya kita tidak akan mampu menyirami negeri Jambi ini," katanya.

Dalam suasana khusuk khatib memohon doa kepada Allah Swt segera menurunkan hujan bagi Negeri Jambi. Yang diikuti seluruh Jamaah. (adv)