Setelah Dapat Pemenang Tender

VVIP RSUD Mulai Dikerjakan

Jumat, 23 Agustus 2019 - 11:08:58 - Dibaca: 1217 kali

Google Plus Stumbleupon


TERUS DIBANGUN: Gedung VVIP RSUD Raden Mataher mulai dibangun setelah beberapa kali gagal tender. Tahun ini akan dilakukan pemasangan enam unit AC central untuk enam lantai. Kemudian pemasangan tiga unit lift.
TERUS DIBANGUN: Gedung VVIP RSUD Raden Mataher mulai dibangun setelah beberapa kali gagal tender. Tahun ini akan dilakukan pemasangan enam unit AC central untuk enam lantai. Kemudian pemasangan tiga unit lift. / Jambi Ekspres Online

 

JAMBI – Pengerjaan pembangunan gedung VVIP RSUD Raden Mataher dimulai dikerjakan. Menyusul pengumuman pemenang oleh Unit Kerja Penyediaan Barang/Jasa (UKPBJ). Untuk pekerjaan di tahun 2019 ini dianggaran Rp 10,5 M untuk melanjutkan pembangunan berupa pemasangan enam unit AC central untuk enam lantai. Kemudian juga pemasangan tiga unit lift.

Plt Dirut RSUD Raden Mataher drg. Iwan Hendrawan mengatakan, memang sudah mulai pengerjaan. “Kalau selesai AC dan lift tahun 2019 ini, tahun depan dilanjutkan dengan interior dalam senilai Rp 13 M, kalau anggarannya tidak bergeser,” ujarnya.

Baru dikerjakan sekarang karena sebelumnya ada beberapa kendala dalam tender. Dan untuk tender yang sudah rampung ini merupakan yang ketiga, karena dua kali tender sebelumnya gagal.

“Itu prosesnya di ULP. Dua kali tender gagal, ini diulang untuk yang ketiga kali. Kami tidak tau gagalnya karena apa,” katanya.

Dijelaskannya, ini adalah tahun ketiga pengerjaan VVIP RSUD. Tahun 2017 lalu, dianggarkan Rp 4 M, jumlah yang sama dengan tahun 2018 lalu. Tahun 2019 ini, ada anggaran Rp 10,5 M untuk melanjutkan pembangunan berupa pemasangan enam unit AC central untuk enam lantai.

Namun, lanjut Iwan, untuk pengerjaan tahun 2020, pihaknya akan menyerahkan kegiatan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi.

“Kan sebenarnya dimulai sejak 2014, tapi ada masalah. Baru dari 2017 lalu sampai sekarang tidak terhenti penganggaran tiap tahun,” katanya.

Iwan mengatakan, meskipun nanti tahun 2020 pengerjaan interior dalam gedung selesai, bukan berarti gedung VVIP tersebut telah siap ditempati. Karena masih ada kelengkapan lain yang harus dipenuhi. Seperti tempat tidur dan peralatan medis lainnya.

Progres terakhir hingga akhir tahun 2018 lalu, progres pembangunan gedung VVIP RSUD Raden Mattaher tersebut 60 persen dan masih ada 40 persen yang akan dikerjakan. "Memang ada sedikit kita review perencanaannya, karena ada yang kemarin perhitungan dananya, setelah kita survei antara menggunakan AC central dengan split. Karena kalau central perawatanya lebih gampang sementara split itu dari segi keindahan gedung agak terganggu," tandasnya. (aba)