Anggota DPRD Bungo dan Sarolangun Dilantik

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 10:06:58 - Dibaca: 1798 kali

Google Plus Stumbleupon


PELANTIKAN: 35 Anggota DPRD Bungo periode 2019 - 2024 resmi dilantik di aula kanntor DPRD Bungo, Jumat (30/8).
PELANTIKAN: 35 Anggota DPRD Bungo periode 2019 - 2024 resmi dilantik di aula kanntor DPRD Bungo, Jumat (30/8). / Jambi Ekspres Online

MUARA BUNGO – 35 anggota DPRD Bungo terpilih periode 2019 - 2024 resmi dilantik dan mengucapkan sumpah dan jabatannya didepan ketua Pengadilan Negeri Muara Bungo, Agung Sutomo Thoba, di aula kantor DPRD Bungo, Jumat (30/8).

Ketua DPRD Bungo, Ria Mayang Sari, sebelum melepas jabatannya sempat menangis saat menyampaikan sambutannya di Rapat Paripurna pelantikan anggota DPRD Bungo ini. "Saya mohon maaf kepada BPKAD. Kita seringkali bersitegang membahas anggaran. Semoga silahturahim terjaga," ucap putri sulung Gubernur Jambi H. Fachrori Umar ini.

Sementara Sekwan DPRD Bungo, Ulva Novriza, membacakan pimpinan DPRD Bungo sementara, yakni Martunis dari PAN dan7 wakil ketua sementara Jumiwan Aguza dari Partai Nasdem.

Meskipun acara di aula berlangsung hikmad, namun pelantikan ini juga diwarnai aksi unjuk rasa. Aksi yang dilakukan LSM Garuda ini digelar di depan pintu gerbang kantor DPRD Bungo. Pendemo yang berjumlah belasan orang ini menuntut anggota dewan terpilih untuk bekerja dengan profesional, serta membangun komitmen pro terhadap rakyat. "Anggota DPRD periode 2019 - 2024 harus memihak kepada rakyat serta menjalankan tugasnya dengan baik. Marilah bersama membangun daerah kita ," ucap Fahlefi, kordinator aksi.

Terpisah, kemarin 34 anggota DPRD Sarolangun juga dilantik PN Sarolangun di gedung DPRD Sarolangun. Seharusnya, anggota DPRD Sarolangun yang dilantik berjumlah 35 orang, namun karna satu orang Calon Legeslatig terpilih sedang menunaikan ibadah haji, sehingga ditunda. ‘’Tapi kami sudah beritahu surat pemberitahuan ke Jeffri Sonnefil dari Partai Golkar berasal dari dapil III pelawan singkut. Kalau sudah pulang, Insyaallah secepatnya dilantik," kata Ketua Sementara DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari.
Kemudian, bagaimana cerita empat anggota DPRD Sarolangun, yakni Muhammad Syaihu, Aang Purnama, Azakil Azmi dan Cik Marleni, yang merupakan incumbent yang pindah partai saat pencalegkan 17 April lalu.
Sementara, untuk tiga incumbent yang pindah partai dan baru saja dilantik menjadi anggota DPRD Sarolangun, hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat ditengah masyarakat, terutama M. Syaihu, yang hingga masa jabatannya masih menjabat sebagai ketua DPRD Sarolangun periode 2014-2019 dari partai PDI Perjuangan dan dilantik sebagai anggota DPRD Sarolangun periode 2019-2024 dari partai demokrat.
‘’ Untuk M. Syaihu, Azakil Azmi dan Aang Purnama saat ini masih dalam pengkajian Bawaslu Provinsi. Karna memang ada pengaduan dari masyarakar terkait pelantikan 3 nama tersebut," kata Ketua Bawaslu Sarolangun, Edi Martono.
Disampaikannya, saat ini bukan masalah setuju atau tidak setuju dilakukan pelantikan, namun menggingat pelantikan sudah tidak bisa ditunda lagi. Namun demikian, pihak Bawaslu Provinsi Jambi terus melakukan kajian terhadap laporan masyarakat. "Walaupun sudah dilantik, tapi Bawaslu Provinsi masih terus melakukan kajian terhadap laporan masyarakat. Terkait hasilnya, akan disampaikan jika sudah selesai nanti," ungkapnya. (ptm/hnd)