Melanggar, Didenda 10 Kali Lipat

Aturan Pendakian Gunung Kerinci Diperketat

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 10:11:37 - Dibaca: 3587 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI - Pasca adanya pendaki Gunung Kerinci yang meninggal saat merayakan HUT RI di Gunung Kerinci, pihak Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) Wilayah I Kerinci memperketat aturan pendakian.
Bahkan, mereka menghimbau kepada para pendaki untuk mematuhi prosedur yang telah ditetapkan. "Arah pendaki untuk mengikuti peraturan yang telah dibuat oleh TNKS, himbauan ini dikeluarkan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal - hal yang tidak inginkan terhadap pendaki Gunung Kerinci," ungkap Kepala Pengawasan BBTNKS Wilayah I Kerinci, Nurhamidi.
Nurhamidi menambahkan, sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, untuk waktu pendakian dimulai pukul 06.00 Wib sampai dengan pukul 17.00 Wib. "Bagi pendaki yang melanggar waktu yang telah ditentukan akan diberi sanksi yakni membayar denda 10 kali lipat dari harga karcis pendakian," sebutnya.
Sedangkan pendaki yang datang lewat dari pukul 17.00 Wib, diminta untuk menunggu ditempat berkemah sampai waktu yang dibolehkan mendaki. "Karena jalur pendakian yang akan dilewati adalah rimba dan masih banyak hewan buas, makanya kita minta tidak melakukan pendakian malam hari," terangnya.
Disebutkannya, bagi pendaki yang tidak membawa alat sesuai standar akan diminta untuk melengkapi terlebih dahulu. "Jika tidak melengkapi alat sesuai standar tidak diizinkan untuk naik," pungkasnya.
Sementara itu, penggiat pariwisata dan Pencinta Alam (PA) Kerinci dan Kota Sungaipenuh, Chua mengatakan prosedur yang berlaku untuk pendakian Gunung Kerinci yang dikeluarkan oleh TNKS saat ini sudah bagus.
"Kita tidak bisa menyalahkan pihak pengelola terkait hal ini, karena sistem yang diterapkan sudah bagus, dengan adanya surat kesehatan yang harus diserahkan pendaki sebelum naik," sebutnya.
Dia minta kepada pendaki yang dari luar daerah, untuk mematuhi semua persyaratan yang diberikan oleh pihak pengelola. Karena semua persyaratan pendakian yang di cantumkan, adalah bekal keselamatan mereka sampai di rumah dari pendakian gunung kerinci. "Jangan memaksakan diri kalau keadaan sudah tidak baik dan cepat minta pertolongan," pungkasnya. (adi)