Penjaringan Cagub PDI Perjuangan

Dua Kada Pastikan Diri Mendaftar

Selasa, 10 September 2019 - 08:16:20 - Dibaca: 366 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Dua kepala daerah (Kada) memastikan diri mengikuti penjaringan PDI Perjuangan sebagai bakal calon Gubernur Jambi. Keduanya yakni Bupati Merangin Al Haris dan Bupati Sarolangun Cek Endra yang selama ini digadang-gadang maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2020.

          Kepastian ini disampaikan keduanya usai menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD Provinsi Jambi, Senin (9/9) kemarin. "Insyaallah kita ambil formulirnya," Al Haris, memperjelas sikapnya menghadapi kontestasi politik lima tahun tersebut.

Meski belum mendeklarasikan diri siap maju, namun Al Haris memilih untuk mengalir saja. "Saya kira ini akan mengalir saja, karena saya juga baru pulang melaksanakan ibadah haji," ucapnya.

Begitu juga dengan Cek Endra. Bupati Sarolangun dua periode ini Terkait  memastikan diri mendaftar untuk mendapatkan perahu PDIP, pemilik 9 kursi  parlemen. "Saya sudah diberitahu pak Edi Purwanto. Insyaallah kita akan daftar," katanya.

Hanya saja untuk kepastian maju, Cek Endra mengaku masih menunggu hasil survei yang tengah dilakukannya. "Kita lagi mendalami survei, insyaallah akhir bulan ini akan keluar hasilnya," tegasnya.

Sebelumnya, PDIP resmi membuka penjaringan kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jambi. Partai pemenang pemilu 2019 ini menjadi partai politik (parpol) pertama yang membuka penjaringan untuk Pilgub Jambi 2020.

Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengatakan, jika pihaknya akan membuka penjaringan Pilgub 2020 pada 9 atau 10 September ini. Pembukaaan penjaringan ini memberikan ruang kepada siapapun. "Untuk tim sendiri sudah ditunjuk Hotman Sitanggang sebagai Ketua dan Afrioga sebagai Sekretaris tim penjaringan dan kemuning," katanya.

Ia mengatakan, sesuai dengan petunjuk sebelumnya bahwa sebelum 23 September ini pihaknya sudah harus menyerahkan berkas kepada DPP untuk siapa saja yang sudah mendaftar. "Silakan juga kepada kader kita untuk mendaftar. Nanti kita juga akan mulai melakukan survei seiring dengan mulai masuknya para pendaftar yang ingin bersama dan didukung oleh partai kita," tukasnya. (wan)