PT TKA Rusak Sungai Batang Tebo

Selasa, 10 September 2019 - 08:21:23 - Dibaca: 446 kali

Google Plus Stumbleupon


FERDIAN/JE
GALIAN C: Hulu Sungai Batang Tebo saat ini terus dirusak oleh aktifitas galian C milik PT TKA.
FERDIAN/JE GALIAN C: Hulu Sungai Batang Tebo saat ini terus dirusak oleh aktifitas galian C milik PT TKA. / Jambi Ekspres Online

MUARA BUNGO - Hulu sungai Batang Tebo saat ini terus dirusak oleh aktifitas galian C PT Tidar Kerinci Agung (TKA). Meskipun sudah satu tahun, namun aktifitas ilegal ini sepertinya dibiarkan saja aparat penegak hukum dan pemerintah daerah. "Akifitas ilegal mereka ini tidak bisa dibiarkan. Sungai kita hancur akibat ulah mereka," ucap Ketua LSM Padams, Aprizal, S.Sos.

 

Sementara  Humas PT TKA, Nadar, mengakui pihaknya tidak mengantongi izin galian C. Pihaknya hanya memiliki surat kesepakatan bersama pihak Dusun Rantau Tipu, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang tempat lokasi pengerukan.

 

"Memang kami tidak punya izin galian C. Kita mengacu pada surat edaran mentri Energi Sumber Daya Mineral tahun 2018 tentang pengambilan batu dan pasir untuk kebutuhan sendiri tidak perlu izin, kecuali untuk komersil," ucap Nadar.

 

Alasan yang diberikan Nadar untuk tidak mengurus izin ini sepertinya tidaklah tepat, karena surat edaran yang dimaksud hanyalah untuk penggunaan mineral jenis laterit (tanah merah), bukanlah batu dan pasir.

 

"Terserah kalian mengartikannya. Yang penting alasan kami ada. Kami juga sudah pernah meminta rekomendasi izin ke Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, mereka tidak memberikannya dengan alasan surat edaran ini juga," tandasnya. (ptm)