Dinkes Kota Jambi Siapkan Ruang Khusus Pasien Asap

Selasa, 10 September 2019 - 16:26:05 - Dibaca: 233 kali

Google Plus Stumbleupon


Kadis Kesehatan (Dinkes) Kota Jambi dr Ida Yuliati MH Kes ikut membagikan masker
Kadis Kesehatan (Dinkes) Kota Jambi dr Ida Yuliati MH Kes ikut membagikan masker / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jambi bergerak cepat mengatasi akibat bencana gangguan asap yang melanda Kota Jambi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi dr. H. Ida Yuliati MH. Kes.menginstruksikan ke seluruh Puskesmas di Kota Jambi untuk menyiapkan ruang khusus bagi pasien penderita karena gangguan kabut asap.

Petugas dari Dinkes Kota Jambi membagikan masker gratis ke masyarakat.

Tak hanya Puskesmas, dr Ida Yuliati juga meminta rumah sakit di Kota Jambi untuk memprioritaskan penanganan pasien karena asap ini.

“Saya minta seluruh puskesmas agar lebih memprioritaskan pasien karena asap ini. Selain itu, pihak puskesmas juga harus menyediakan masker secara gratis untuk masyarakat,”ujar dr Ida Yuliati kepada Jambi Ekspres kemarin.

Lebih lanjut dr Ida Yuliati menjelaskan, dampak kabut asap ini sangat mengganggu semua orang terutama untuk anak-anak. Jangka panjang kalau anak-anak menghirup partikel-partikel debu yang  bercampur dengan asap bisa mengakibatkan infeksi paru-paru bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung.

“Jangka pendek akibat dampak kabut asap ini mengakibatkan batuk-batuk, pilek atau sesak nafas. Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah. Kalaupun beraktivitas diluar rumah harus memakai masker,”jelasnya.

dr Ida Yuliati menambahkan, akibat dampak kabut asap berkategori berberbahaya ini kalau misal anak terkena asma bisa sesak nafas. Bahkan jika ada orang dewasa atau yang sudah terkena penyakit darah tinggi dengan adanya sesak nafas bisa mengibatkan tensinya naik.

“Untuk itu saya benar-benar menghimbau ke masyarakat untuk menjaga kesehatan saat ada kabut asap ini,”tambahnya.  

Sementara itu, dr Ida Yuliati juga memberi saran kepada masyarakat saat terjadi kabut asap agar banyak minum air putih dan makan sayur serta buah-buahan. (van/adv)