Ombudsman Mulai Turun Pekan Depan

Ada Sekolah Terindikasi Pungli

Kamis, 12 September 2019 - 09:05:40 - Dibaca: 501 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) perwakilan Jambi mulai akan menindak beberapa sekolah yang terindikasi melakukan pungutan liar kepada siswanya.

Modus sumbangan ini berupa sumbangan komite dalam pengambilan rapor oleh orang tua siswa .Ini berdasarkan laporan yang diterima Ombudsman.

Jafar Ahmad, Kepala ORI perwakilan Jambi menyebutkan setidaknya ada tiga sekolah yang sudah melapor dari sekian banyak aduan lisan. "Ini seperti gunung es banyak yang melapor, rata-rata SMA," sampainya.

Rata-rata, kata Jafar, dalam laporan yang masuk ke pihaknya didapati orang tua siswa menyumbang kisaran Rp1 Juta per orang. “Data namanya ada setiap pengambilan rapor begitu,”katanya.

Walaupun sekolah memiliki niat yang baik, katanya,  penggunaan uang tersebut untuk pembangunan mushalla atau jalan sekolah, namun caranya yang salah. “Yang salah itu sumbangan komite tak wajib, jika ada orang tua yang tak ikhlas nanti kami sarankan untuk kembalikan uang yang dipungut,” sebutnya.

Sementra untuk orang tua siswa yang ikhlas bisa dipilih kemungkinan membuat daftar yang jelas. ”Harus dibuat tata cara sumbangan yang betul caranya kalau tidak mau mengembalikan,” sampainya.

Untuk itu ombudsman mengatakan akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi untuk mengatasi masalah ini secara sistematis. "Agar bisa terselesaikan,” ujarnya. 

Dikatakannnya, pihaknya akan mulai turun pada dua Minggu ke depan. “Pada Minggu ini kita akan turun untuk selesaikan laporan yang masuk, kami akan datang dan upayakan selesai,” katanya.

Sementara itu pihak Dinas Pendidikan Provinnsi Jambi ketika dikonfirmasi Jambi Ekspres belum memberikan keterangan. Baik itu saat ditemui di kantornya kawasan Telanaipura maupun komunikasi via telepon. (aba)