Markaban Ambil Formulir di DPC PDIP Tanjab Timur

Safrial Cari Wakil dari Barat

Sabtu, 14 September 2019 - 10:01:00 - Dibaca: 984 kali

Google Plus Stumbleupon


M RIDWAN/JE
IKUT PENJARINGAN: Bupati Tanjab Barat Safrial yang juga kader PDIP mengambil formulir penjaringan Cagub dan Cawagub di kantor DPD PDIP Provinsi Jambi kemarin (13/9)
M RIDWAN/JE IKUT PENJARINGAN: Bupati Tanjab Barat Safrial yang juga kader PDIP mengambil formulir penjaringan Cagub dan Cawagub di kantor DPD PDIP Provinsi Jambi kemarin (13/9) / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Kader PDI Perjuangan yang juga Bupati Tanjab Barat dua periode Safrial MS, Jumat (13/9) kemaren menyambangi kantor DPD PDIP Provinsi Jambi yang berlokasi di Jalan H Kamil, Kelurahan Pasir Putih, Jambi Selatan.

Meski merupakan kader murni PDIP, Safrial tetap mengikuti proses penjaringan yang dibuka oleh partai besutan Megawati Soekarnoputri itu. Ia datang ke PDIP sekitar pukul 09.00 Wib di dampingi istri tercinta Cici Halimah dan putranya.

Menariknya, Bupati dua periode ini tak hanya mengambil formulir pendaftaran saja, tapi langsung mengisi dan menyerahkannya lengkap dengan semua syarat termasuk visi misi sebagai Calon Gubernur Jambi.

"Saya langsung isi dan menyerahkan formulir pendaftarannya kepada panitia lengkap dengan visi misi apa yang akan Saya buat nantinya ketika jadi Gubernur," kata Sarfial kepada awak media.

Hal ini menunjukkan, kata Safrial, kader PDIP sudah sangat siap dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan ini."Ini bukti seriusan kita bukan abal-abal, Saya mendaftar sebagai Calon Gubernur," tegasnya.

Safrial sangat percaya diri untuk maju sebagai gubernur. Apalagi dirinya berhasil memenangkan PDIP di daerahnya pada Pemilu 17 April 2019 lalu. "Saya penginnya jadi gubernur," sebutnya. 

Dirinya pun pun sangat optimis bisa mendapatkan perahu partai berlambangkan kepala banteng itu untuk bertarung pada kontestasi politik paling bergensi di Provinsi Jambi ini.

"Tolak ukur Saya lihat di Tanjabbar, berapa kursi PDIP yang Saya dorong pada Pileg 2019 lalu, begitu juga dengan Pilpres menang di Tanjabbar," jelasnya.

Meskipun ada sejumlah kader PDIP lainnya yang juga disebut-sebut tengah memperebutkan perahu PDIP, Safrial tidak mempersoalkan itu dan meminta untuk dilakukan penilaian secaya objektif siapa yang layak. "Karena hidup mati kita di PDIP, PDIP menang ini kan karena karya kita," ungkapnya.

Sebelumnya, kata Safrial, banyak pertanyaan yang apakah yang diajukan ke dirinya apakah maju atau tidak pada Pilgub Jambi 2020 mendatang, namun kala itu belum bisa dijawabnya.

"Tetapi dengan kedatangan Saya hari ini, sudah resmi Saya siap maju di Pilgub Jambi 2020," tegasnya.

Dirinya pun mengaku sudah melakukan penjajakan komunikasi politik dengan sejumlah partai politik lainnya untuk mendapatkan tambahan perahu mengingat PDIP masih kekurangan dua kursi di parlemen untuk bisa mengusung calon sendiri.

"Kita masih kurang dua kursi, kita sudah berkomunikasi juga dengan sejumlah partai yang lainnya," imbuhnya.

Lantas bagaimana dengan calon wakil yang akan mendampingi bertarung di Pilgub Jambi?, Safrial mengatakan akan mencari dari wilayah barat, dia mengaku sudah komunikasi.

"Untuk wakilnya tinggal berjalan, kalau Saya dari timur tentu wakil dari barat," tukasnya.

Sementara itu, kandidat calon Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Markaban juga resmi mengambil formulir pendaftatan penjaringan di Kantor DPC PDI Perjuangan.  Kedatangan Markaban disambut langsung oleh Ketua DPC, Gatot Sumarto, Sekretaris DPC, Guntur, Ketua Tim Penjaringan Bacabup PDI Perjuangan, Marhaen Halim beserta anggota.

Markaban yang merupakan kader murni PDI Perjuangan mengatakan, keputusan mendaftar adalah  bentuk dari keseriusannya untuk menjadi peserta Pilkada sebagai penantang petahana Romi-Robby. Dia menyebutkan, saat ini Dia tidak ingin terlalu tergesa-gesa dalam menentukan strategi.

"Yang jelas saya fokus dulu untuk pendaftaran Bacabup dari partai PDI Perjuangan. Karena masih banyak proses yang harus disiapkan sebelum formulir pendaftaran diserahkan," kata Markaban mantan Wakil

Ketua I DPRD Tanjabtim periode 2014-2019 ini.

Sekeretaris DPC PDI Perjuangan Tanjabtim, Guntur ketika ditanya terkait kedatangan Markaban mengatakan, bahwa pihaknya terbuka untuk siapa saja yang ingin mendaftarkan diri sebagai Bacabup di PDI Perjuangan, baik itu kader murni maupun diluar kader. 

Menurutnya, siapapun yang ingin mendaftar, tetap keputusan itu berada di tangan DPP PDI Perjuangan. Pada pendaftaran penjaringan Bacabup ini, PDI P juga telah memiliki Tim penjaringan Bacabup PDI Perjuang. Mereka lah yang akan menyeleksi berkas-berkas Bacabup itu nantinya.

"Untuk saat ini, baru Markaban yang datang untuk mengambil formulir pendaftaran penjaringan Bacabup. Sedangkan dari luar kader maupun kader murni yang lainnya belum ada," sebutnya.

Disinggung terkait rencana PDI Perjuangan akan berkoalisi dengan partai apa ? Guntur yang baru saja dilantik menjadi Anggota DPRD Tanjabtim ini mengungkapkan, belum ada. Karena pihaknya saat ini fokus dulu terhadap penjaringan Bacabup.

"Yang jelas saat ini PDI Perjuangan ada 3 kursi, sementara berdasarkan aturan pencalonan Cabup, kursi harus 20 persen dari total keseluruhan kursi DPRD. Ada 6 kursi yang diperlukan, jadi tinggal 3 kursi, tinggal dengan partai mana kita akan berkoalisi," tukasnya. (wan/lan)