Oktober Penetapan Jumlah Minimum Dukungan

Siapa Lirik Jalur Perseorangan

Sabtu, 14 September 2019 - 10:21:25 - Dibaca: 772 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan wakil Walikota yang ingin melirik jalur persorangan sudah harus bersiap-siap. Soalnya, tahapan pencalonan calon perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020  akan segera dimulai.

          Bahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi dan Kabupaten/kota menetapkan jumlah minimum dukungan persyaratan dan persebaran pasangan calon perseorangan berdasarkan rekapitulasi DPT Pemilu/Pemilihan terakhir. Berdasarkan Peratusan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 15 tahun 2019, penetapan itu dilakukan pada 26 Oktober 2019.

          “Tahapanya dimulai dengan menetapkan jumlah minimum dukungan persyaratan. Acuannya berdasarkan DPT Pemilu terakhir,” ujar M. Sanusi, Komisioner KPU Provinsi Jambi, Jum’at (13/9) kemarin.

          Setelah penetapan, kata Sanusi, jumlah syarat minimum dukungan akan diumumkan secara terbuka kepada publik tanggal 25 November 2019. Setelah itu, diakhir tahun pada 9 Desember 2019 sampai 3 Maret 2020, akan dibuka penyerahan syarat dukungan pasangan calon pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

          “Sedangkan penyerahan syarat dukungan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati atau Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota dilakukan pada 11 Desember 2019-5 Maret 2020,” katanya.

          Kemudian dilanjutkan dengan penelitian jumlah minimal dukungan dan sebaran, termasuk administasi hingga peyampaian hasil kepada pendaftar. Berikutnya, masa perbaikan dukungan untuk kemudian diteliti kembali untuk memastikan sudah sesuai aturan atau tidak.

          “Untuk Pilgub maupun Pilbup dan Pilwako tahapannya perbaikan hingga penelitian itu hingga Mei 2020,” katanya.

          Jika sudah memenuhi syarat, mereka yang maju dari jalur persorangan akan mendaftarkan diri pada 16-18 Juni 2020. Masa pendaftaran itu juga berlaku untuk mereka yang maju dari jalur partai politik.  “Setelah itu baru ada pemeriksaan kesehatan dan beberapa tahapan berikutnya,” ungkapnya.

          Bagaimana dengan proses dan mekanisme pengumpulan dukungan? Mantan Ketua KPU Batanghari ini menjelaskan, jika pengumpulan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan harus mengisi Formulir Model B. 1-KWK. Formulit ini berupa surat pernyataan dukungan dibuktikan dengan fotokopi KTP Elektronik.

“Nanti pengumuman resminya menyusul. Kita juga membuka diri jika ada masyarakat yang ingin mendaptkan informasi lebih jauh,” tukasnya. (wan/aiz)