Rp 41 M untuk Tambahan Gedung RS Abdul Manap

Sabtu, 14 September 2019 - 11:02:50 - Dibaca: 762 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Pemerintah Kota Jambi menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat senilai Rp 41 miliar. Dana tersebut dialokasikan untuk membangun ruang rawat jalan dan rawat inap di RSUD H Abdul Manap. Bangunan itu dibangun 4 lantai di belakang bangunan utama RSUD H Abdul Manap.

“Tahun ini baru gedungnya saja dan interior, dibangun 4 lantai,” kata Dirut RSUD H Abdul Manap Kota Jambi, Rudi Pardede.

Menurutnya, untuk kelengkapan alat kesehatannya akan diusulkan tahun depan. Menurutnya, pembangunan tersebut untuk menunjang RSUD tersebut naik kelas dari C menuju B. “Karena suatu saat RSUD Raden Mattaher itu akan naik ke tipe A. Jadi kita juga harus siap naik ke tipe B,” katanya.

Rudi mengatakan bahwa saat ini pembangunan gedung baru tersebut sudah 60 persen lebih. Dirinya optimis hingga kahir tahun ini pembangunannya akan selesai. Sehingga sudah bisa digunakan masyarakat.

Rencananya fasilitas baru tersebut akan dimanfaatkan untuk menampung pasien dari beberapa tingkatan kelas. Dijelaskannya, proses pembangunan fasilitas rumah sakit tidak bisa dilakukan dengan mudah, karena akan bersinggungan dengan fasilitas kesehatan maupun pelayanan pasien yang ada di dalamnya.

"Makanya kami harus menghitung betul skenarionya seperti apa, misalkan akan membangun ruang di tengah-tengah rumah sakit tentu akan sangat sulit, karena akses untuk material dan lain sebagainya tidak bisa dijadikan satu dengan pengunjung," katanya.

Namun, Rudi mengaku, pihaknya akan terus melakukan pembenahan sejumlah fasilitas penunjang rumah sakit secara bertahap agar pelayanan terhadap pasien bisa berjalan maksimal.

Sementara itu, Walikota Jambi Syarif Fasha saat sidak ke proyek tersebut meminta agar dilaksanakan tepat waktu dan sesuai dengan perencanaan.

“Progresnya sudah 60 persen,” katanya. (hfz)