Sigra Tampil Lebih Stylish

Selasa, 17 September 2019 - 11:09:11 - Dibaca: 490 kali

Google Plus Stumbleupon


TERBARU: New Astra Daihatsu Sigra kini tampil lebih stylish dan modern dengan berbagai perubahan yang diberikan.
TERBARU: New Astra Daihatsu Sigra kini tampil lebih stylish dan modern dengan berbagai perubahan yang diberikan. / Jambi Ekspres Online

TANGERANG - Daihatsu me-refresh produk flagship-nya, Sigra setelah tiga tahun dihadirkan ke pasar otomotif Tanah Air. New Astra Daihatsu Sigra kini tampil lebih stylish dan modern dengan berbagai ubahan yang diberikan. Sigra kini jadi harapan besar Daihatsu untuk bisa berkompetisi di industri ini. Sebelum kehadirannya, kontribusi terbesar disumbangkan Xenia untuk segmen kendaraan penumpang Daihatsu.

"Daihatsu Sigra level penjualannya kisaran 4 ribu unit. Refreshment produk yang kami lakukan ini juga targetnya pertahankan di level 4 ribuan unit. Tidak kami naikkan (target), karena pasar otomotif masih suram," ujar Amelia Tjandra, Director Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) saat peluncuran New Daihatsu Sigra, kemarin. Untuk diketahui, berdasarkan data Gaikindo penjualan ritel pasar otomotif nasional turun 11 persen atau sebanyak 675 ribu unit dibandingkan tahun lalu (YTD Agustus).

Di segmen LCGC, penjualan kendaraan menurun 4 persen atau sebanyak 143.632 unit. Meski turun, secara kontribusi per segmen, LCGC meningkat menjadi 21,3 persen (dari sebelumnya 19,7 persen). Meski volume penjualan turun, penjualan LCGC milik Daihatsu (Ayla dan Sigra) mampu tumbuh 6 persen atau dari 47.622 unit menjadi 49.093 unit. Kontribusinya naik dari 37 persen menjadi 43 persen bagi Daihatsu. Sigra sendiri mengalami pertumbuhan kontribusi dari 25 persen (31.813 unit) menjadi 29 persen (33.718 unit) bagi Daihatsu.

Ia menyebut, Sigra dengan tipe mesin 1.000 cc masih dihadirkan karena demand-nya masih ada. Menurut Amelia, selisih harga yang mencapai Rp10 jutaan di segmen ini masih dianggap mahal, sehingga permintaan kendaraan manual cukup tinggi. Porsi untuk tipe mesin ini masih berkontribusi 14 persen, terbanyak dari segmen fleet operasional perusahaan. "Demand Sigra versi manual mencapai 95 persen, sedangkan matik baru 5 persen. Tapi melihat tren global, permintaan matik ini akan naik. Terkait isu sedikitnya persediaan Sigra matik, nanti per Oktober ini akan mulai terpenuhi dengan baik," jelasnya.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relations (CR) Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) menambahkan, model baru yang dihadirkan ini mengalami kenaikan hingga Rp2 juta, kecuali pada varian 1.0 D MT yang masih tetap diharga Rp114 juta. Varian atasnya naik. "Karena ada perubahan desain dan tambahan fitur," ujarnya.

Rinciannya, untuk varian 1.0 M MT Rp124,4 juta, 1.2 X MT Rp133,75 juta, 1.2 X AT Rp146,55 juta, 1.2 X Deluxe MT Rp139,25 juta, 1.2 X Deluxe AT Rp152,05 juta. Untuk model tersebut mengalami kenaikam Rp1,5 juta. Sementara varian 1.2 R MT Rp140,15 juta, 1.2 R AT Rp152,95 juta, kemudian 1.2 R Deluxe MT Rp143,95 juta dan 1.2 R Deluxe AT Rp156,75 juta. Naik Rp 2 juta.

New Sigra kini tampil lebih stylish dan modern dengan grille, bumper, rear garnish baru dan lampu depan menggunakan LED. Bahkan, lampu depan LED ini jadi satu-satunya di segmen LCGC. New Sigra juga dilengkapi polished alloy wheel desain baru 14 inci yang tampil dinamis dengan mud guard. Interiornya, suasana kabin tampil beda dengan sentuhan nuansa warna 2-tone color dark and light grey, terkesan mewah. Knob AC kini tampil lebih kekinian. New Sigra juga dilengkapi 2-DIN touchscreen audio serta electric retractable mirror pada beberapa varian. Sementara fitur keamanam, dibekali rear parking camera (beberapa varian) agar lebih safe saat mundur.(rei)