Tingkatkan PAD Sungai Penuh Lewat Pertanian

Kamis, 19 September 2019 - 10:30:52 - Dibaca: 2677 kali

Google Plus Stumbleupon


TEMUA MITRA: Wakil Walikota Sungai Penuh, H. Zulhelmi, saat menghadiri sekaligus membuka acara Temu Mitra Komoditas Perkebunan, di Lamanda Resto.
TEMUA MITRA: Wakil Walikota Sungai Penuh, H. Zulhelmi, saat menghadiri sekaligus membuka acara Temu Mitra Komoditas Perkebunan, di Lamanda Resto. / Jambi Ekspres Online

SUNGAI PENUH – Sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkot Sungai Penuh mencoba menambah PAD lewat sektor pertanian.  ‘’Kota Sungai Penuh adalah kota yang unik karena 52 % wilayahnya adalah hutan, dan wilayah kota yang paling banyak desanya. Serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang paling kecil di provinsi Jambi, wilayah kota Sungai Penuh memiliki sumber daya alam yang terbatas,’’  sebut Wakil Walikota Sungai Penuh, H. Zulhelmi, saat menghadiri sekaligus membuka acara Temu Mitra Komoditas Perkebunan, di Lamanda Resto.

Untuk meningkatkan PAD, sambung Wawako, salah satu upaya yang kita lakukan adalah meningkatkan kualitas dan produktivitas komoditas kopi, baik itu kopi arabica dan robusta agar dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan petani, serta meningkatkan PAD bagi kota Sungai Penuh.“Ini patut di syukuri karena umumnya kota meningkatkan PAD lewat home industry, akan tetapi kota Sungai Penuh masih bisa lewat pertanian,” jelasnya seraya berharapan, lewat pertanian kopi dan produk kopi sungai penuh dapat terkenal secara nasional dan internasional.

Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kota Sungai Penuh, Bomberdin, SP, mengatakan produksi pertanian di Kota Sungai Penuh masih belum maksimal dan belum bisa bersaing di pasar. ‘’Karena alasan itulah kegiatan ini dilaksanakan untuk lebih meningkatkan kemampuan dan peningkatan produksi para mitra petani di Kota Sungai Penuh,’’ sebutnya dihadapan Kadis Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jambi yang diwakili Ir.Dara Iriantini.  (adi)