Gedung Nasional Jadi Peluang PAD

Kamis, 19 September 2019 - 20:28:36 - Dibaca: 737 kali

Google Plus Stumbleupon


PROSES PERBAIKAN” Gedung Nasional yang berada di Kecamatan Muara Sabak Timur, yang saat ini dalam proses perbaikan.
PROSES PERBAIKAN” Gedung Nasional yang berada di Kecamatan Muara Sabak Timur, yang saat ini dalam proses perbaikan. / Jambi Ekspres Online

MUARASABAK - Gedung Nasional yang terletak di Kecamatan Muara Sabak Timur, Tanjabtim, saat ini tengah dilakukan rehab. Jika selesai direhab, Pemkab Tanjabtim berencana kedepannya gedung tersebut akan dapat menjadi peluang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tanjabtim.

 Menurut informasi, sejak dahulu Gedung Nasional, selalu menjadi andalan dalam menyelenggarakan kegiatan besar. Gedung yang telah ada sejak belasan tahun silam, bahkan sejak Pusat Kabupaten Tanjabtim masih berada di Kecamatan Muara Sabak Timur (Muara Sabak) sebelum akhirnya dipindah ke pusat perkantoran saat ini di Kecamatan Muara Sabak Barat.

 ‘’Terkait rehab gedung Nasional tersebut sudah dicatat sebagai aset milik Kecamatan Muara Sabak Timur. Kedepan Gedung Nasional akan dikomersilkan, dan bisa disewakan sehingga menjadi peluang PAD," kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Tanjabtim, Nusirwan.

 Kondisi bangunan yang sudah memasuki usia renta dan kumuh tersebut, diharapkan dengan saat ini dilakukan direhab, gedung tersebut dapat  lebih bermanfaat dan bernilai bagi PAD Tanjabtim. "Selain itu nantinya juga akan kita kenakan target pendapatan bagi kecamatan tersebut," tambahnya.

 Meskipun sejauh ini gedung itu ada dilakukan sewa dan sebagainya, lanjurnya, namun belum menjadi target pendapatan bagi kecamatan, hanya sebatas operasional. Namun nanti jika sudah otomatis selesai direhab tidak lagi seperti itu. "Memang selama ini Gedung Nasional tersebut sering disewa. Namun karena sebatas operasional saja, jadi belum ada menjadi target kecamatan sebagai pendapatan," sebutnya.

 Terpisah, Ali sekitar menceritakan, bangunan Gedung Nasional ini sendiri terakhir digunakan untuk acara penting pada saat pelaksanaan Pemilu serentak lalu. Dimana gedung tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan kotak dan surat suara hasil Pemilu di kecamatan.  "Terakhir digunakan ya dalam acara Pemilu. Alhamdulillah sekarang diperbaiki pemerintah," ucapnya. (lan)