Jamaah Jumat Diberikan Makanan

Kamis, 19 September 2019 - 20:30:30 - Dibaca: 861 kali

Google Plus Stumbleupon


MAKAN: Usai sholat Jumat di Masjid Al Furqaan Muhammadiyah Bungo, para jamaah menikmati makan siang.
MAKAN: Usai sholat Jumat di Masjid Al Furqaan Muhammadiyah Bungo, para jamaah menikmati makan siang. / Jambi Ekspres Online

MUARA BUNGO - Pemandangan berbeda ketika sholat Jumat di Masjid Al Furqaan Muhammadiyah Bungo. Pasalnya, usai sholat bermacam makanan terhidang di meja siap untuk dinikmati jemaah sholat. Para jamaah dipersilahkan mengambil sendiri nasi dan sambal yang sudah disediakan. Mereka makan bersama di teras masjid. 

 Satu diantara pengurus Masjid Al Furqaan Muhammadiyah Bungo, Ustaz Manshub Ghazali menyebutkan, kegiatan itu muncul dari gagasan  jamaah yang diberi nama Jumat Barokah. "Memberi makan jemaah ini kegiatan rutin setiap Jumat. Kami akan terus lakukan sebagai pelayanan kita bagi umat muslimin," ucapnya.

 Mengenai biaya, kata ustad, pihaknya menerima sumbangan dari para dermawan yang menyisihkan sebagian rezeki mereka untuk memberi makan dan minum para jemaah. 

"Di masjid ini ada dapurnya, ada ibu-ibu yang membatu memasak," katanya.

 Menurutnya, masjid bukan hanya difungsikan tempat shalat saja. Namun, bisa dijadikan tempat makan bersama. Salain itu, bisa juga tempat mencari solusi bagi orang-orang yang dirundung masalah. "Masjid ini berbasis pada manajemen jamaah, apa saja saran dan gagasan jamaah yang bisa di tampung dan kita laksanakan oleh pengurus," ungkapnya.

 Saat ditemui usai sholat, Wakil Bupati Bungo H. Safrudin Dwi Apriyanto, mengapresiasi hal ini. Ia berharap kegiatan ini menjadi contoh bagi masjid-masjid lain di Bungo. "Informasi dari panitia (pengurus masjid), dana untuk kegiatan ini bukan diambil dari khas murni, tapi sumbangan dari masyarakat. Mudah mudahan buat donatur menjadikan keberkahan," tandasnya. (ptm)