76 Bacakades Ikuti Tes Tertulis Tambahan

Kamis, 19 September 2019 - 20:34:46 - Dibaca: 909 kali

Google Plus Stumbleupon


PENYERAHAN: Penyerahan hasil tes tertulis Bacakades dari asesor ke Panitia Pilkades.
PENYERAHAN: Penyerahan hasil tes tertulis Bacakades dari asesor ke Panitia Pilkades. / Jambi Ekspres Online

SENGETI- Perhelatan Pilkades Serentak Gelombang III Kabupaten Muaro Jambi semakin dekat, saat ini telah memasuki tahapan seleksi Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) untuk ditetapkan menjadi Calon Kepala Desa (Cakades).

 Untuk itu, pada Kamis (19/9) pagi 76 bakal Cakades hari ini mengikuti tes akhir yang merupakan penentu bagi setiap calon apakah lulus menjadi calon atau terhenti sampai di sini saja, tes tambahan ini dilakukan untuk menyeleksi 5 calon terbaik dari setiap desa nya.

 76 peserta ini berasal dari 11 desa yang tersebar di empat kecamatan, mereka di tes kembali karena melebihi kuota yang ditetapkan, yakni batas maksimal untuk calon kades hanya 5 orang calon Per desa nya, lebih dari itu, maka dilakukanlah seleksi, seperti yang dilaksanakan hari ini.

 ‘’Setelah tes ini maka akan didapat 5 peringkat teratas Cakades dari 11 desa yang akan bertarung 11 November mendatang.   Cakades yang nilainya nanti berada di paling bawah, maka itulah yang akan digugurkan," sebut Kadis PMD Muaro Jambi, R Najmi.

 Ditambahkannya, nilai tes hari ini, langsung diserahkan oleh asesor ke panitia Pilkades dan disaksikan oleh BPD masing-masing desa, setelah itu langsung diumumkan waktu itu juga di tempat yang sama , yaitu di balai Diklat kantor BKD Muaro Jambi.  "Jadi agar transparan, Hasil jawaban tes masing masing calon itu, langsung diserahkan asesor ke panitia desa dan disaksikan oleh BPD-nya dan diumumkan waktu itu juga," tuturnya.

 Setelah ditentukanya 5 calon, akunya, Jumat (20/9/) panitia Pilkades kembali menggelar rapat pleno di kantor desa masing-masing untuk mengumumkan nama nama 5 calon terpilih itu kepada masyarakatnya,  setelah itu langsung dilakukan pencabutan nomor urut. ‘’Setelah dapat nomor urut, barulah menginjak ke tahap  sebelumnya," pungkasnya. (era)