Kopi Khas Jambi Jadi Unggulkan

Rabu, 09 Oktober 2019 - 09:18:59 - Dibaca: 265 kali

Google Plus Stumbleupon


KOPI : Doni Mardiasyah, owner Kopi Indonesia menunjukkan vaian jenis kopi yang tersedia di outlet Kopi Indonesia yang beralamat di Sungai Kambang, Kota Jambi
KOPI : Doni Mardiasyah, owner Kopi Indonesia menunjukkan vaian jenis kopi yang tersedia di outlet Kopi Indonesia yang beralamat di Sungai Kambang, Kota Jambi / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Outlet Kopi Indonesia yang beralamat di Sungai Kambang, Kota Jambi, menghadirkan beragam jenis kopi. Bahkan, kopi yang berasal dari petani Jambi di Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi pun tersedia.

Doni Mardiasyah, owner Kopi Indonesia menjelaskan, pada awalnya membuka toko untuk mengangkat berbagai potensi kopi di Indonesia. Namun,  konsen utama Doni ternyata tak hanya kopi yang berasal dari Provinsi lainnya di Indonesia, melainkan bagaimana dia berupaya agar potensi kopi di seluruh Jambi dapat tereksplor dan dikenal luas. "Kita ingin bagaimana potensi kopi khususnya di Provinsi Jambi ini dapat tereksplor dengan baik, bahkan dikenal oleh masyarakat tidak hanya di Jambi namun juga di tingkat nasional," ungkapnya.

Dikatakannya, pada dasarnya secara tidak langsung masyarakat Indonesia sudah mengenal beberapa jenis kopi yang berasal dari Provinsi Jambi. Beberapa waktu lalu bahkan salah seorang artis Indonesia datang ke tokonya untuk mencari kopi khas Jambi.  "Waktu itu dia mencari kopi Kerinci yang sudah berhasil masuk nasional," tambahnya.

Kopi Indonesia menghadirkan berbagai kopi yang berasal dari Provinsi Jambi. Seperti kopi Jangkat, kopi Kerinci, kopi Tungkal dan lain sebagainya. "Jenisnya Arabica, Liberika dan Robusta," sebutnya. 

Kopi-kopi yang tersedia di Kopi Indonesia ini terus menggali potensi kopi yang ada di Jambi. Dengan begitu, akan menjadi ajang untuk mempromosikan kopi-kopi khas dari Provinsi Jambi. Apalagi, sekarang ini sudah memasuki fase kopi dengan cita rasa yang khas. Seperti Arabika dan Liberika, rasa kopinya memiliki cita rasa tersendiri.

Kalau Robusta hanya menimbulkan rasa pahit semata tanpa dicampur dengan gula. Robusta ini harganya juga terjangkau, hanya mencapai Rp 60 ribu per kilogramnya.

Sementara, kopi Arabica memiliki sensasi rasa yang berbeda. Ada rasa asam, pedas, rasa buahnya dan lain sebagainya. Di Jambi hanya memiliki 1 kopi Arabica yakni dari Kayu Aro. "Cara menikmati rasa kopi juga semakin berkembang," tambahnya.

Kopi dari luar Provinsi Jambi juga tersedia di Kopi Indonesia seperti dari Mandailing, Sumatera Utara,  Wamena Papua, Aceh dan lain-lainnya.

Saat ini, Doni terus mengedukasi masyarakat terutama pencinta kopi.  Diamana kopi yang bisa dinikmati itu tidak hanya Robusta, tetapi juga Arabica yang bisa diseduh tanpa menggunakan gula. Kopi Indonesia juga melayani penggilingan kopi. Untuk pembelian biji kopi minimal 100 gram gratis biaya penggilingan menjadi kopi bubuk. (azz)