Sekda Fadhil Hadiri Peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Muarojambi

Kamis, 10 Oktober 2019 - 10:40:51 - Dibaca: 148 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SENGETI - Sekda Muarojambi Moh Fadhil Arief hadiri acara peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di halaman Rumah Adat Muarojambi Kompleks Perkantoran Bupati Bukit Cinto Kenang Kamis (10/10/19). 

Ada tiga Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi yang mendapat bantuan PJU-TS dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yakni Kabupaten Muarojambi dan Sarolangun serta Kota Sungaipenuh. Acara berisi penyerahan secara simbolik bantuan PJU-TS serta Peresmian dan pemotongan pita oleh Kementrian ESDM yang diwakili Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi Kementrian ESDM Dr. Ir Ediar Usman MT.

"Alhamdulillah terima kasih kami sampaikan atas bantuan PJUTS yang diberikan oleh Kementrian ESDM. Ini sangat membantu terutama untuk Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Muarojambi," kata Sekda Muarojambi Moh. Fadhil Arief Kamis (10/10/19).

Sekda menyebut bahwa dengan adanya bantuan PJU-TS ini, daerah-daerah yang jauh dari jangkauan PLN bisa memiliki penerangan jalan. Dengan kondisi jaln yang terang, tentu bisa mengurangi potensi terjadinya kriminal di jalanan.

"Ad spot-spot tertentu yang kosong jaringan PLN dan PJU-TS ini sangat membantu dan bisa masuk ke sana. Kita rawat bersama, anggarkan biayanya. Banyak keuntungannya PJU-TS ini, salah satunya maintenance nya murah. Ke depan kita ada aplikasiny agar apabila ada kendala, masyarakat bisa langsung mengadu," kata dia.

Sementara itu, Kementrian ESDM melalui Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi Kementrian ESDM Dr. Ir Ediar Usman MT dalam sambutannya mengatakan ada 600 unit bantuan PJU-TS yang diberikan untuk Provinsi Jambi. Bantuan tersebut tersebar di tiga Kabupaten/Kota di Jambi. 

"Masing-masing daerah di Jambi dapat bantuan 200 unit PJU-TS. Pada prinsipnya, PJU-TS ini untuk menjangkau daerah yang tidak teraliri listrik. Namun tentunya, yang paling utama fungsinya adalah mengurangi penggunaan energi Fosil seperti minyak bumi dan gas," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Ediar meminta penerima bantuan untuk menjaga dan merawat bantuan PJU-TS ini. Tak lupa, dia juga meminta agar pemerintah daerah terus berupaya untuk menjemput bantuan-bantuan pusat dari Kementerian ESDM.

"Kalau masih kurang minta bantu lagi. Pusat pasti akan bantu namun harus "Ngotot". Diusulkan saja, tentunya disertai dengan data yang jelas. Saya juga akan sampaikan ke Mentri bahwa daerah meminta tambahan," pungkasnya.

Acara pagi tersebut berlangsung lancar dan sukses. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Waka Polres Muarojambi Kompol Yudha Lasmana, Sekdis ESDM Provinsi Jambi Drs Mahruf, Ketua Pengadilan Agama Abdan Hubban, Kepala OPD di lingkupan Pemkab serta perwakilan penerima bantuan dari Kabupaten Sarolangun dan Kota Sungaipenuh. (era)