Tiga Puskesmas Belum Punya Ambulance, Begini Kata Sekda Muarojambi

Kamis, 24 Oktober 2019 - 14:39:10 - Dibaca: 219 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SENGETI - Kritikan Fraksi Gerindra atas belum tersedianya fasilitas mobil ambulance pada puskesmas ditanggapi Pemkab Muarojambi. Puskesmas yang ada di wilayah Muarojambi ternyata memang benar belum seluruhnya dilengkapi dengan fasilitas mobil ambulance.

Ada tiga puskesmas yang belum memiliki fasilitas mobil ambulance. Ketiga puskesmas itu adalah Puskesmas Kasang Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Puskesmas Suko Awin Jaya, Kecamatan Sekernan dan Puskesmas Talang Bukit, Kecamatan Sungai Bahar.

"Dari 22 Puskesmas yang ada di Muarojambi, ada tiga puskesmas yang belum memiliki ambulance," kata Sekda Muarojambi, M Fadhil Arif menanggapi pandangan umum Fraksi Gerindra beberapa waktu lalu.

Fadhil menjelaskan, sebanyak 19 puskesmas di Muarojambi telah memiliki fasilitas mobil ambulance. Sebanyak 18 mobil ambulance dalam kondisi baik sedangkan yang satunya dalam kondisi rusak.

" Ambulance yang rusak berat itu milik Puskesmas di Desa Markanding," kata Fadhil.

Fadhil menjelaskan, tahun ini Pemkab Muarojambi telah mengadakan kegiatan lima unit mobil ambulance. Pengadaan itu bersumber dari APBD murni dan perubahan.

"Salah satu Puskesmas yang mendapat ambulance itu Puskesmas Vir II Bajubang. Nah, nanti mobil ambulanve Vir II Bajubang yang lama akan kita alihkan ke Puskesmas Markanding. Kebetulan mobilnya masih layak pakai," katanya.

Sementara untuk kekurangan mobil ambulance pada tiga puskesmas lainnya, kata Fadhil, akan dibahas lebih lanjut pada tingkat hearing.

Juru bicara Fraksi Gerindra, Taufik, sebelumnya mengkritik Pemkab Muarojambi atas belum tersedianya mobil ambulance pada puskesmas. Termasuk mengkritik kondisi mobil ambulance yang kebanyakan kurang layak pakai. Fraksi gerindra meminta agar fasilitas mobil ambulance ini diperhatikan karena mobil itu sangat dibutuhkan masyarakat terutama yang tinggal dipelosok. (era)