Jambi Dapat Bantuan Terbanyak dari Kementerian Pariwisata

Sabtu, 02 November 2019 - 06:03:57 - Dibaca: 434 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI – Kucuran dana Kementerian Pariwisata RI ternyata mengalir kencang ke Provinsi Jambi. Tercatat Jambi merupakan daerah dengan alokasi bantuan Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat (FKBM) terbanyak di Indonesia.

Bantuan ini pun dinilai sangat membantu seni tradisi yang ada di pelosok Jambi, untuk terus bertahan hidup di tengah keterbatasan dan arus zaman.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi Dr. Sri Purnama Syam. Kata Dia, bantuan ini sangat membantu ditengah sedikitnya alokasi dana Provinsi dan Kebudayaan untuk memelihara kebudayaan daerah.

“Kita tahun ini ada delapan bantuan FKBM, masing-masing dapat Rp100 Juta dan sudah ditransfer ke rekening mereka,” sebutnya.

Bantuan ini sendiri kata wanita yang akrab disapa Ema bisa diperuntukkan untuk membeli peralatan music kesenian tradisional, seperti gendang, kostum dan soundsistem.

“Ini bentuk perhatian pemerintah karena biasanya seni tradisi di kampung mirisnya pernah hanya dibayar dengan nasi bungkus saja, kostum dan gendangnya sudah robek, jadi untuk itulah bantuan ini. Memang di pelosok karena di Kota Jambi sendiri ruang kreatifnya banyak dan mereka bisa dapat fee juga kan,” jelasnya. (aba)