Enam Nama Masuk Radar Pendamping Fasha

Kamis, 07 November 2019 - 09:40:46 - Dibaca: 416 kali

Google Plus Stumbleupon


FOTO : SAFWAN /JE
PENJARINGAN : Tim Fasha center, A. Rahman resmi mendaftar di penjaringan bakal calon Gubernur Jambi yang di buka DPW PKB.
FOTO : SAFWAN /JE PENJARINGAN : Tim Fasha center, A. Rahman resmi mendaftar di penjaringan bakal calon Gubernur Jambi yang di buka DPW PKB. / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Walikota Jambi Sy Fasha sudah mempersiapkan pendampingnya pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2020. Setidaknya, 6 nama masuk dalam radar Sy Fasha yang nantinya akan di gandeng maju pada pesta demokrasi lima tahun tersebut.

Mereka yakni Bupati Merangin Al Haris, Walikota Sungai Penuh Asafri Jaya Bakri (AJB) dan Bupati Tanjab Barat Safrial. Ada juga nama Bupati Tebo Sukandar, mantan Wakil Walikota Jambi Abdullah Sani dan Presiden HKKI Ramli Taha.

Tim Sy Fasha Center, A. Rahman mengatakan tidak menampik 6 nama ini masuk dalam pertimbangan pihaknya. Karena itu survei dilakukan sebelum memutuskan siapa pendamping yang akan digandeng.

          “Ada dengan Al Haris, AJB, Safrial, Sukandar, Abdullah Sani, Ramli Taha, semuanya dipasang. Nanti hasilnya kita lihat,” ujarnya, Rabu (6/11) kemarin.

Survei itu, kata Rahman, saat ini tengah berjalan. Tidak hanya soal pendamping, semua kandidat akan di survei untuk melihat gambaran Pilgub Jambi yang tahapannya sudah dimulai.

"Survei sudah mulai jalan, semua kandidat kita survei. Sesuai kata pak Fasha, dia akan memasang beberapa orang. Kalau wakil, siapa posisi yang bagus itu yang digandeng," katanya.

Rahman juga menyebutkan, dari beberapa nama yang disebutkan dirinya, tidak menutup kemungkinan ada nama lain. Apalagi dinamika politik berkembang sangat dinamis, jelang pendaftaran pasangan calon. “Mudah-mudahan hasilnya di awal Desember," katanya.

Misalnya, kata Rahman, aturan cuti anggota dewan bisa saja membuat peta politiknya berubah. Termasuk dalam memilih wakil. “Jadi masih sangat dinamis sekali, kita tunggu saja hasilnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sy Fasha juga mengutus timnya  untuk mengembalikan formulir ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Jambi. Tim yang tetap digawangi Rahman Dila dan A. Rahman ini datang ke Kantor PKB dikawasan Pematang Sulur ini sekira pukul 14.30 WIB dengan disambut tim penjaringan.

Rahman mengatakan kedatangan pihaknya dengan harapan agar PKB bisa mendukung dan bersama jagoannya di Pilgub Jambi. "Dengan kami kembalikan formulir ke PKB, sudah 6 partai yang resmi kami daftar," katanya.

Ia menyebutkan, seharusnya Sy Fasha hadir langsung untuk mengembalikan formulir. Akan sebagai kepala daerah, Sy Fasha memiliki tugas dan tengah berada di luar negeri. "Pak Fasha berada di India, makanya kami yang akhirnya mengembalikan. Takutnya waktu yang ditetapkan PKB lewat," ungkapnya.

Sebelumnya, kandidat petahana Fachrori Umar (FU) juga sudah melakukan survei. Orang nomor satu di Provinsi Jambi ini sudah mengantongi 7 nama calon wakilnya.

Hal ini diungkapkan oleh Miftahul Ikhlas selaku tim keluarga Fachrori Umar beberapa waktu lalu.  "Masih menunggu hasil survei, ada sembilan orang, yang saat ini masih disurvei," ungkapnya.

Para  calon wakil ini pun dari kalangan yang berbeda-beda, baik politisi, Bupati aktif hingga tokoh masyarakat. "Ada Bupati aktif, politikus, juga dari akademisi. Untuk tokoh masyarakat ada tiga orang yang disurvei," sebutnya.

Mereka diantaranya seperti, Syafrial, Usman Ermulan, Abdullah Sani, Al Haris, Cek Endra dan juga Ramli Taha dan Asyafri Jaya Bakri (AJB) dan nama lainnya. "Akhir Desember nanti hasilnya sudah diketahui," tukasnya. (wan)