Danrem: Kearifan Lokal Merangin Terjaga Baik

Selasa, 12 November 2019 - 12:52:24 - Dibaca: 5217 kali

Google Plus Stumbleupon


Danrem 042 Gapu bersama istri disambut meriah acara adat ketika melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merangin
Danrem 042 Gapu bersama istri disambut meriah acara adat ketika melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merangin / Jambi Ekspres Online

BANGKO-Kearifan lokal Kabupaten Merangin masih terjaga dengan baik. Masyarakatnya masih memagang teguh adat istiadat dan budaya setempat. Tak heran bila masyarakat sangat patuh dengan peraturan dan undang undang.

Hal tersebut ditegaskan Danrem  042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudi MSc, SS pada Selasa (05/11), ketika melakukan kunjungan kerja ke Bumi Tali Undang Tambang Teliti Kabupaten Merangin.

Danrem yang datang bersama istri Ny Vera Elphis Rudy, disambut meriah oleh Bupati Merangin H Al Haris bersama istri Hj Hesty Haris dan Plt Sekda H Hendri Maidalef serta para pejabat di jajaran Pemkab Merangin.

‘’Saya sangat salut dengan kearifan lokal Merangin yang terjaga dengan baik. Ini merupakan investasi kedepan, sehingga generasi mendatang juga masih tahu dan tetap menjalankan adat istiadat,’’ujar Danrem.

Dikatakan Danrem pada tahun ini kemarau di Jambi berlangsung cukup panjang. Menurut perkiraan BMKG kemaru tahun depan lebih panjang dan panas lagi dari tahun ini.

‘’Dalam kondisi panas  itu, di Provinsi Jambi tahun depan ada Pemilihan Gubernur Jambi, pemilihan walikota dan pemilihan bupati. Kita harapkan semua itu meskipun cuacanya panas, akan berjalan dingin dan damai,’’terang Danrem.

Untuk kelancaran Pilkada itu jelas Danrem, harus melalui perencanaan yang lebih baik dan lebih matang. Target TNI pada Pilkada itum akan selalu mendukung sesuai dengan tugas pokok TNI.

‘’TNI akan terus membantu tugas Pemerintah Daerah, dengan sumber daya yang dimiliki. Setiap daerah perkuat kedalam, dengan rencana tindakan darurat  untuk hadapi ancaman,’’tegas Danrem.

Selain itu diakui Danrem, Kabupaten Merangin sangat baik dalam tindakan pencegahan terjadinya kebakaran hutan. Hal itu karena tindakan sosialiasi dan edukasi dilakukan sedini mungkin.

Sementara itu Bupati Merangin H Al Haris mengaku sangat bersyukur mempunyai pemimpin (Danrem) yang sangat mengayomi masyarakat dan sangat dekat dengan masyarakat.

‘’Pak Danrem sudah banyak membantu Kabupaten Merangin, baik itu tentang keamanan, Karhutla, ketertiban dan berbagai perhatian Pak Danrem lainnya, sehingga Merangin sangat kondusif,’’ujar Bupati.(tgh)