13 Atlet Jambi Berlaga di Sea Games

Senin, 02 Desember 2019 - 09:20:39 - Dibaca: 320 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Sea Games 2019 berlangsung dari tanggal 30 November hingga 11 Desember 2019 di Filipina. Untuk mensukseskan gelaran tersebut, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi sudah menghimpun daftar nama-nama atlet dari Provinsi Jambi yang masuk tim definitif Sea Games 2019 di Manila Filipina.

Ketua KONI Provinsi Jambi, Indra Armendaris menuturkan bahwa sebanyak 13 atlet dari Provinsi Jambi akan ikut bertanding untuk membela Indonesia di pesta olahraga dua tahunan Asia Tenggara ini. Para atlet Provinsi Jambi yang ikut memperkuat Tim Indonesia di Sea Games 2019 tersebut berkontribusi untuk 5 Cabang Olahraga (Cabor) yaitu Angkat Besi, Dayung, Pentanque, Polo Air dan Senam. "Pada Cabor renang kita mengirimkan atlet sebanyak 5 orang, ini menjadi yang terbanyak dari Cabor lainnya. Sedangkan Cabor lainnya yaitu angkat besi 1 orang, Pentanque 2 orang, Polo Air 2 orang dan senam 3 orang," sebutnya.

Para atlet Provinsi Jambi yang ikut memperkuat Tim Indonesia di Sea Games 2019 tersebut ialah Juliana Klarisa (Angkat Besi), Riska Andriyani, Adriyanto Joko, Abdur Rahim, Dedi Saputra, Mutiara Putri Rahma (Dayung), Andun Nawan, Mira Wahyuni (Pentanque), Yusuf Budiman, Rian Rinaldo (Polo Air), Aprilian Anggara, M. Angger Dharmawan, M. Angger Setiawan (Senam). Dimana saat ini sudah ada atlet yang berangkat dan bertanding di Filipina seperti Polo Air, namun ada juga yang belum berangkat.

Pada dasarnya yang merekrut atlet untuk bertanding pada Sea Games 2019 adalah domainnya masing-masing Pengurus Besar (PB) Cabor. Proses seleksi sudah dilakukan jauh-jauh hari, bahkan lebih dari setahun. 

Indra mencontohkan, dua atlet dayung Jambi yang memperkuat Indonesia pada Asean Games di Palembang lalu langsung mengikuti Palatnas dipersiapkan untuk Sea Games. Dan tentunya atlet yang ikut Sea Games ini merupakan atlet yang selalu langganan medali pada Cabor masing-masing

Indra berharap para atlet tersebut menjaga kepercayaan yang diberikan kepada mereka untuk dapat mengharumkan Merah Putih dalam multi event olahraga dua tahunan antar negara di Kawasan Asia Tenggara itu. Para atlet ini mendapat kepercayaan untuk mengharumkan nama bangsa, dan mengangkat harkat martabat bangsa. Tentunya hal ini suatu kepercayaan yang luar biasa dan tidak semua orang mendapat kesempatan tersebut. "Oleh karena itu bermainlah, lakukan dengan total dan penuh semangat. Tunjukkan bahwa kalian duta-duta patriot bangsa,” ucapnya.

Indra menegaskan, KONI Jambi akan selalu mendukung penuh dan memotivasi para atlet untuk dapat tampil di Sea Games Filipina. Harapannya para patriot olahraga Jambi ini mampu mendulang sukses ajang-ajang Internasional. Bahkan KONI Provinsi Jambi akan memberikan dukungan langsung, monitoring dan sekaligus memberikan ucapan tali asih kepada atlet Jambi yang bertanding di Filipina.

Indra menambahkan, atlet-atlet Jambi yang berlaga di Sea Gemes ini otomatis akan memperkuat Provinsi Jambi pada ajang PON Papua mendatang. Para atlet ini bisa menjadi amunisi yang berarti dalam meraih prestasi olahraga untuk Provinsi Jambi. "Sejauh ini tidak ada larangan bagi mereka untuk berlaga di PON, jadi akan kita turunkan," imbunya. (kar)