Perolehan Medali SEA Games 2019, Indonesia Sedang Luar Biasa

Sabtu, 07 Desember 2019 - 08:05:53 - Dibaca: 9565 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MANILA-Indonesia- untuk sementara berada di peringkat kedua perolehan medali SEA games 2019 hingga hari ke-6, Jumat (6/12).

 

Tambahan 12 medali emas, lima perak dan delapan perunggu hari ini membuat kontingen Merah Putih telah menambang 40 emas, 41 perak dan 47 perunggu hingga Jumat (6/12) pukul 21.00 WIB.

Kepingan emas hari ini antara lain berasal dari atletik, modern pentathlon, tenis, menembak, kano judo dan sambo.

 

Di arena judo yang digelar di Laus Group Event Center, San Fernando, Pampanga, I Gede Agastya Darma Wardana yang tampil pada final kelas +100 kg putra meraih emas setelah di final mengalahkan wakil Malaysia, Muhammad Ruzaini Abd Razak dengan satu poin.

Atlet judo lainnya, Gede Ganding Kalbu Soethama, juga menyumbang medali emas di kelas 100 kg putra. Di final Gede mengalahkan judoka Singapura, Low Yilong, setelah mengumpulkan satu wazari dan satu shido.

Dengan keberhasilan dua atlet judo asal Bali itu, maka cabang olah raga ini sudah menyumbang empat medali emas bagi kontingen Indonesia. Dua medali emas sebelumnya ditambang Iksan Apriyadi yang turun pada kelas 73kg putra, dan Ni Kadek Pandini pada kelas 57kg putri.

Sementara itu di gedung olahraga The Angeles University Foundation, Angeles City, cabang olah raga sambo menambah perbendaharaan medali bagi kontingen Indonesia melalui dua medali emas yang disumbangkan Fajar dan Ridha Ridwan.

Fajar menyabet gelar juara dari kelas -57 kilogram usai mengalahkan atlet asal Filipina, Rene Catalan. Rekan Fajar, Ridha Ridwan juga berhasil mempersembahkan emas setelah di final nomor 80 kg putri mengalahkan atlet asal Thailand, Chatthayaporn Prawiset.

Torehan prestasi Indonesia hari ini (12 emas) merupakan yang terbaik ketimbang lima hari sebelumnya. Sementara di bawah Indonesia, ada Vietnam dengan 38 emas, 41 perak dan 52 perunggu.

Posisi Indonesia hingga hari keenam ini boleh dibilang luar biasa, lantaran sejatinya kontingen Indonesia tidak mematok target berada di 3 Besar.

Hanya Presiden Jokowi saja yang berani meminta agar kontingen finis di peringkat kedua. Sementara Kemenpora hanya menargetkan 51 medali emas dan memperbaiki peringkat dari SEA Games 2017 (finis di posisi kelima). (adk/jpnn/antara)

sumber: www.jpnn.com