SEA Games 2019: Atasi Perlawanan Sengit Myanmar U-23, Garuda Muda Terbang ke Final

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:52:40 - Dibaca: 547 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MANILA – Timnas Indonesia U-23 akhirnya melaju ke final SEA Games 2019 setelah mengatasi perlawanan sengit Myanmar U-23 di babak semifinal. Bertanding di Rizal Memoriam Stadium, Manila, Sabtu (7/12/2019) sore, kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal.


Garuda Muda kemudian mencetak dua gol di babak ekstra time untuk memastikan kemenangan 4-2 dan terbang ke final untuk menghadapi pemenang Vietnam kontra Kamboja.

 

Pertandingan semifinal sepakbola putra SEA Games 2019 antara Timnas Indonesia U-23 kontra Myanmar U-23 berlangsung seru.

Kedua tim bermain cukup terbuka sejak awal laga. Indonesia, melalui penyerang andalannya, Osvaldo Haay beberapa kali mendapat peluang emas. Namun masih gagal membobol gawang Myanmar.

Seperti akselerasi Asnawi Mangkualam yang diakhiri dengan umpan silang ke mulut gawang. Bola sempat ditepis kiper Myanmar dan bola rebound coba disundul Osvaldo tapi masih melenceng.

Saddil Ramdani juga sempat menyisir dari sisi kiri lalu mengirim umpan datar yang masih bisa digagalkan bek lawan. Hingga babak pertama usai skor masih 0-0.

Indonesia akhirnya membuka keunggulan pada menit 57 lewat Evan Dimas. Bahkan pada menit 71, Egy Maulana Vikri menggandakan keunggulan Garuda Muda.

Sayangnya, kelengahan lini belakang membuat Indonesia kebobolan dua gol hanya dalam waktu dua menit. tepatnya pada menit 79 dan 80 lewat Mann Aung Kaung dan Win Naing Tun.

Hingga 90 menit waktu normal berakhir skor 2-2 tidak berubah. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak ekstra time.


Sebelas menit setelah kick off babak ekstra time pertama, Indonesia kembali memimpin. Berawal dari penetrasi Asnawi dari sisi kanan yang mampu merangsek masuk ke kotak penalti.

Bek sayap PSM Makassar itu kemudian mengirim umpan datar ke mulut gawang. Osvaldo dalam posisi berdiri bebas tinggal menyontek bola ke gawang yang sudah kosong. 3-2 Indonesia unggul. Skor ini bertahan hingga babak ekstra time pertama berakhir.

 

Di babak ekstra time kedua, skuad asuhan Indra Sjafri tidak mengendurkan serangan. Hasilnya pada menit 117, Evan Dimas Darmono mencetak gol keduanya pada laga ini.

Berawal dari umpan silang Saddil Ramdani, bola berhasil dikuasai Sanil Rizki yang kemudian memberikan umpan manja kepada Evan Dimas. Dengan tenang playmaker andalan Garuda Muda itu menceploskan bola ke gawang Myanmar.

Indonesia pun unggul 4-2 dan hingga laga usai tidak ada lagi gol tercipta. Indonesia lolos ke final dan akan menghadapi pemenang Vietnam kontra Kamboja yang bertanding malam ini, pukul 19.00 WIB.

Garuda Muda tentu saja berpeluang meraih medali emas yang terakhir kali dimenangkan pada SEA Games Filipina 1991 silam.

(fat/pojoksatu)

sumber: www.pojoksatu.id