Jadi Lokasi Kegiatan Gerakan Nasional Pemulihan DAS

CitraRaya City Dilengkapi Fasilitas RTH

Jumat, 13 Desember 2019 - 11:41:31 - Dibaca: 357 kali

Google Plus Stumbleupon


Deputi GM CitraRaya City Mendalo sat melakukan penanaman bibit  pohon dikawasan CitraRaya City
Deputi GM CitraRaya City Mendalo sat melakukan penanaman bibit pohon dikawasan CitraRaya City / Jambi Ekspres Online

SEBAGAI salah satu hunian perumahan di Provinsi Jambi, CitraRaya City pun menerapkan berbagai fasilitas bagi penghuni. Salah satunya yaitu kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Dengan fasilitas ini, akhirnya CitraRaya City pun dipilih menjadi lokasi kegiatan Gerakan Nasional Pemulihan Dareah Aliran Sungai (DAS) Tahun 2019 oleh Kementerian Lingkungan Hidup (Kemen LH) Republik Indonesia.

Deputi GM CitraRaya City Mendalo, Andi Kurniawan mengatakan, untuk tahap awal, pihaknya telah menyiapkan seluas 1,2 hektar areal tumbuhan. “Renacana ini akan terus berlanjut dengan penyediaan bibit dan lahan khusus bagi RTH di CitraRaya City Mendalo. Penanaman akan terus kami lakukan,” katanya.

Disebutkannya, ditargetkan seluas 30 persen dari luas keseluruhan kawasan CitraRaya City Mendalo dijadikan lokasi RTH dan Taman Kota. Selama ini pihaknya memiliki standar pohon yang ditanam dikawasan CitraRaya City. “Tanaman kami ada yang menyerap kebisingan, sebagai serapan air, sumber oksigen dan lainnya. Kami selalu merencanakan memilih pohon yang ditanam sesuai lokasi dan jenis pohon,” bebernya.

Sementara, Kepala BP DAS HL Batanghari, Drs. Sam Karya Nugraha MSi menambahkan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan Gerakan Nasional Pemulihan DAS Tahun 2018 lalu, yang mengangkat tema “Pulihkan Lahan Membangun Masa Depan”. Dalam kegiatan dihadiri sebanyak 500 orang yang berasal dari Forkompimda Pemprov Jambi, Dirpolairud, Dandim Batanghari, Ketua PT, Ketua PA, Kaadishut Provinsi Jambi, Kadispora Provinsi Jambi, Kepala Balitbangda, Kepala BKD, Kepala Kesbangpol, Kadis Koperasi, Pemkab Muarojambi, LSM lingkup kehutanan, Kwarda dan lainnya.

“Kami juga membagi-bagikan 400 bibit tanaman bagi peserta yang hadir dalam kegiatan,” ujar Sam Karya Nugraha.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Asraf SPt MSi mengungkapkan, kegaitan ini merupakan bentuk kecintaan terhadap bumi. “Dimana kita hidup sampai hari ini, dengan menanam pohon kita juga menanam doa,, menanam harapan dan menanam kinerja untuk generasi yang akan datang,” ujar Asraf.

Kegiatan ini terlaksanakn atas dukungan semua pihak, yang sama-sama berusaha melindungi hutan dan lingkungan di DAS di Provinsi Jambi. “Penanaman pohon merupakan wujud kebersamaan pemerintah dan masyarakat, perlu terus kita bina dan kembangkan,” tandasnya. (yos)