Dukcapil Kota Jambi Sosialisasi Akta Kelahiran Sebagai Legalitas Dasar Identitas Siswa dalam Penerbitan Ijazah

Selasa, 17 Desember 2019 - 15:14:13 - Dibaca: 716 kali

Google Plus Stumbleupon


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil M. Mulyadi Yatub, SH, Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Masrul, SE, Kasi Kelahiran M. Amin, SH dan Kasubbag Perencanaan Hendri Beni, S.Sos, MH.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil M. Mulyadi Yatub, SH, Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Masrul, SE, Kasi Kelahiran M. Amin, SH dan Kasubbag Perencanaan Hendri Beni, S.Sos, MH. / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi menggelar Sosialisasi Akta Kelahiran Sebagai Legalitas Dasar Identitas siswa dalam Penerbitan Ijazah. Kegiatan sosialisasi dibuka Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Kota Jambi Drs. A. Ridwan.

Asisten III Drs. A. Ridwan

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Wali Kota Jambi, Selasa (17/12), dihadiri Staf Ahli, Kepala Bagian, Kepala Bidang dan seluruh jajaran pejabat di lingkup pemerintah Kota Jambi. Hadir pula sebagai peserta para Kepala atau Guru Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah baik Negeri maupun Swasta di lingkungan pemerintah Kota Jambi dan undangan lainnya.

Sambutan Wali Kota Jambi yang disampaikan Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Kota Jambi Drs. A. Ridwan mengatakan Akta Kelahiran merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki setiap anak Indonesia. Anak yang tidak memiliki akta kelahiran berarti tidak tercatat dalam kependudukan. Imbasnya anak tersebut tidak punya posisi hukum, tidak punya hak dasar dan tidak punya status kewarganegaraan.

"Kami atas nama pemerintah Kota Jambi mengapresiasi penuh kegiatan ini, dengan harapan dapat mendorong sinergisitas dalam percepatan dan sinkronisasi kepemilikan Akta Kelahiran di Kota Jambi terus meningkat", kata Drs. A. Ridwan.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi M. Mulyadi Yatub, SH mengatakan bahwa Akta Kelahiran merupakan suatu dokumen identitas autentik sebagai legalitas dasar dalam penerbitan dokumen lain yang dalam hal ini adalah pendataan bagi siswa dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Penerbitan Ijazah.

"Kepada peserta saya harapkan untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya data kependudukan maupun pencatatan sipil terutama di wilayah kerjanya masing-masing dalam mewujudkan data kependudukan yang tertib, akurat dan valid serta sebagai salah satu upaya Gerakan GISA, atau Gerakan Indonesia Sadar Adminduk", kata M. Mulyadi Yatub, SH.

Ditambahkan M Mulyadi, kegiatan ini dilakukan dengan maksud untuk membangun kerjasama dengan pihak Sekolah Dasar. Diketahui, Sekolah Dasar adalah tonggak awal untuk penetapan tingkat pendidikan anak.

“Diharapkan, Akta Kelahiran yang diterbitkan itu harus sinergi antara Ijazah dan Akta Kelahiran. Sehingga nantinya jangan sampai ada kendala bagi masyarakat dan bagi siswa sekolah khususnya, jangan sampai terjadi ketidaksesuaian data yang ada di Akta Kelahiran dan Ijazahnya. Sosialisasi ini juga untuk membuka wawasan dan pemahaman bagi pihak sekolah tingkat dasar dan Ibtidaiyah se Kota Jambi. Karena Akta Kelahiran dan Ijazah itu sama pentingnya”, tutur M Mulyadi Yatub. (hai/adv)