Kronologi Jatuhnya Helikopter Kobe Bryant: Cuaca Buruk Hingga Tabrak Bukit

Senin, 27 Januari 2020 - 19:15:41 - Dibaca: 678 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

CALIFORNIA- Helikopter yang membawa Kobe Bryant dan delapan orang lainnya diduga menabrak lereng bukit di luar Los Angeles hingga menewaskan semua penumpang termasuk putri Kobe Bryant, Gianna (13).

Sedianya rombongan Bryant akan menghadiri Akademi Olahraga Mamba milik Bryant di Thousand Oaks terdekat yang mengadakan turnamen bola basket pada hari Minggu.

Namun naas, Helikopter itu jatuh pada pukul 09.45 waktu setempat, hingga tersisa hanya puing-puing di tempat kejadian yang luasanya seluas lapangan sepak bola.

Ketika tabrakan, helikopter itu terbang di sekitar 160 knot (184 mph) dan turun pada kecepatan lebih dari 4000 kaki per menit. Mereka jatuh di Calabasas, sekitar 48 kilometer di barat laut pusat kota Los Angeles.

Helikopter Bryant meninggalkan Santa Ana di Orange County, selatan Los Angeles, tak lama setelah jam 9 pagi. Kemudian mereka berputar untuk sementara waktu di sebelah timur Interstate 5, dekat Glendale.

Pengendali lalu lintas udara mencatat visibilitas yang buruk di sekitar Burbank, tepat di utara, dan Van Nuys, ke barat laut.

“Tidak lama setelah jam 9:40 pagi, helikopter berbalik lagi, ke arah tenggara, dan naik hingga lebih dari 2.000 kaki (609 meter). Ia kemudian turun dan jatuh ke lereng bukit sekitar 1.400 kaki (426 meter),” demikian menurut data dari Flightradar24 dilansir Asosiasi Pers, Senin (27/1).

Para penyelidik keselamatan transportasi Federal sedang menuju ke tempat kejadian. Antara lain, mereka akan melihat sejarah penerbangan pilot, catatan perawatan helikopter dan catatan pemilik dan operatornya. Kata anggota dewan NTSB Jennifer Homendy pada konferensi pers.

Bryant yang berusia 41 tahun, yang tewas bersama putrinya yang berusia 13 tahun, Gianna, adalah salah satu pemai yang paling populer dan wajah juara NBA Lakers yang ke-16 kalinya.

Ribuan penggemar, banyak yang memakai kaus Bryant dan menyebut namanya, berkumpul di luar Staples Center di pusat kota Los Angeles, rumah Lakers dan situs Grammy Awards hari Minggu tempat Bryant dihormati. (Ap/dal/fin)

Sumber: www.fin.co.id