Bank Indonesia Goes to SAD

Dedikasi Bank Indonesia Untuk Negeri

Kamis, 06 Februari 2020 - 20:32:43 - Dibaca: 511 kali

Google Plus Stumbleupon


Perwakilan Bank Indonesia Jambi bersama GenBI foto bersama usai membagikan donasi kepada SAD
Perwakilan Bank Indonesia Jambi bersama GenBI foto bersama usai membagikan donasi kepada SAD / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Bank Indonesia Perwakilan Jambi senantiasa memberikan dukung untuk kemajuan Jambi.  Kali ini Bank Indonesia Perwakilan Jambi bersama Generasi Baru Indonesia(GenBI) melaksanakan kegiatan di  Desa Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo.

Yaitu kegiatan bertemakan Bank Indonesia Bersama Generasi Baru Indonesia (GenBI) Goes to SAD. SAD ini adalah Komunitas SAD Muslim Binaan BAZNAS Provinsi Jambi dan di SAD ini team pengajarnya adalah dari komunitas Pundi Sumatera.

Kegiatan ini untuk sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah. Dimana diadakan tepat di balai desa tersebut. Selain pihak Bank Indonesia, juga ada Kepala Dusun yaitu Suryadi dan juga ada manager projek dari Komunitas Pundi Sumatera yaitu Dewi Surya Armayani yang membuka kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Dewi Surya Armayani dan Suryadi mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia telah datang dan membantu SAD di desa tersebut.

“Harapannya tentu agar kegiatan tersebut bisa bermanfaat banyak,” harap Dewi. 

Pada kegiatan awal, Bank Indonesia Perwakilan Jambi mengadakan sosialisasi mengenai ciri-ciri keaslian dari uang rupiah.  Bank Indonesia Perwakilan Jambi sangat peduli kepada masyarakat disana.

Saat bersosialisasi Bank Indonesia Perwakilan Jambi tak hanya memberikan pengetahuan mengenai sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah, tapi Bank Indonesia juga memberikan donasi kepada SAD di desa tersebut, dan memberikan banyak hadiah kepada masyarakat disana.

Selain masyarakat mengetahui ciri-ciri uang rupiah yang asli, mereka juga tahu dengan nama-nama pahlawan yang ada di masing-masing uang rupiah.

Pihak Bank Indonesia juga memberitahu 3D (dilihat, diraba, ditrawang) saat menjelaskan sosialisasi keaslian uang rupiah tersebut. Agar mereka selalu ingat dan tahu tentang ilmu yang diberikan dari Bank Indonesia.

Kegiatan ini dilakukan Bank Indonesia Perwakilan Jambi yaitu dalam rangka program sosial Bank Indonesia. Dimana hal ini adalah dedikasi dari Bank Indonesia untuk Negeri. Di mana agar seluruh masyarakat dan anak negeri ini semakin maju.

Dalam hal ini, GenBI sebagai salah satu komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia ikut membantu mensukseskan program sosial ini.

Kegiatan ini dilakukan sejak tanggal 31 Januari hingga 02 Februari. Dalam waktu beberapa hari di sana, GenBI sebagai penerima besiswa Bank Indonesia berbaur bersama SAD dan mampu membuat SAD merasa senang atas kedatangan mereka.

Dalam kegiatan ini, Melalui bantuan bank Indonesia, Genbi Jambi mendatangkan Dokter dan team untuk melakukan cek kesehatan dan membagikan obat gratis.

Dr. Nadya Ayu Shefia berharap GenBI Jambi bisa menyadarkan mereka tentang kebersihan lingkungan, membuat kegiatan yang membuat SAD bisa menjadi bersih, dan sadar lingkungan.

“Disini ilmu pola asuh masih sangat kurang, maka dari itu ketika memberi edukasi harus terus ada follow up, agar menjadi kebiasaan baik. Ya, semoga GenBI jangan kapok kesini, harus memantau selalu, kalau bisa harus membuat program tetap,” ungkapnya. 

Dari buku dan perlengkapan belajar yang diberikan oleh Bank Indonesia, GenBI Jambi dapat membuat kegiatan rumah baca agar anak SAD semakin rajin membaca dan belajar. GenBI juga membuat kegiatan mengajar, yaitu belajar membaca, menulis, dan menggambar serta diselingi sambil bermain. Anggota GenBI Jambi sangat senang, karena anak SAD punya semangat belajar yang luar biasa walau hanya baru beberapa anak SAD yang sekolah.

Kegiatan selanjutnya, GenBI mengajak anak SAD senam dan berolahraga. Selain menciptakan kebersamaan, kegiatan ini juga mengajarkan mereka tentang pentingnya olahraga dan kesehatan.

Setelah itu, GenBI Jambi Mengadakan kegiatan menyikat gigi bersama-sama, kegiatan ini mengajarkan mereka untuk gosok gigi tepat waktu, mengingatkan bahwa kebersihan itu sangat penting, karena ketika mereka bersih tentu mereka juga sehat.

Dan malam harinya, anggota GenBI mengadakan Nobar bersama anak SAD, yaitu di mana film tersebut untuk memotivasi mereka untuk semangat bersekolah, dari arti film tersebut mampu membuat mereka paham bahwa pendidikan sangat penting, dan mereka harus seperti itu.

Anak SAD sangat senang, karena Bank Indonesia sudah banyak membantu mereka. Pada kegiatan ini, mereka mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. “Terima kasih Bank Indonesiaaaaa!!!,” seru seluruh anak-anak SAD.

Barang-barang yang diberikan oleh Bank Indonesia adalah buku bacaan, buku tulis, buku tentang indonesia dan budaya daerah, buku menggambar, kamus, buku-buku do'a, perlengkapan belajar, makanan, susu, perlengkapan olahraga, perlengkapan bermain, dan obat-obatan. (azz)