35 Persen Skuad Terpapar Covid-19, Valencia Akhirnya Lumpuh

Rabu, 18 Maret 2020 - 06:59:53 - Dibaca: 603 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

VALENCIA – Raksasa La Liga, Valencia CF melakukan langkah berani. Di saat klub yang lain enggan merilis data pemainnya terjangkit covid, mereka malah melakukan hal yang sebaliknya.

Selasa (17/3) pagi, klub berlogo Kelelawar Mestalla itu merilis pengumuman yang menyatakan bahwa 35 persen skuadnya, termasuk pemain, telah dinyatakan positif terjangkit virus COVID-19.

Otoritas Valencia menyebut, kunjungan mereka ke Stadion San Siro, Milan menjadi penyebabnya timnya terpapar virus asal Wuhan, Cina tersebut. Hal itu diperparah setelah dalam laga babak 16 besar Liga Champions melawan wakil Italia, Atalanta, kalah 4-1, Rabu (19/2) silam.

Dilansir dari AS, Valencia menyebut kendati telah melakukan penanganan ekstra agar pemainnya menjauhi keramaian, tetap saja pandemi tersebut membuat mereka terpapar dengan hebat.

“Kendati klub sudah memberlakukan penanganan ketat karena Milan merupakan kawasan zona merah oleh pemerintah Italia, kami kemudian menjauhkan skuad dari lingkungan dan publik, namun hasilnya 35 persen positif,” sebut pernyataan Valencia di website klub dilansir AS.

“Staf pelatih dan pemain Valencia CF telah menjalani rangkaian tes lanjutan terkait COVID-19 atau virus Corona dan memunculkan hasil positif. Keseluruhan kasus tidak menunjukkan gejala penyakit. Semua yang dinyatakan positif saat ini mengisolasi diri di rumah dengan perawatan medis dan menjalani rencana latihan yang sudah terjadwal,” imbuhnya

Salah satu pemain yang terpapar termasuk bek asal Argentina Ezequiel Garay. Berdasarkan laporan AFP dari Madrid, Valencia mengatakan mereka semua yang terdampak sekarang di rumah, dalam kondisi kesehatan yang baik dan mematuhi langkah-langkah isolasi diri.

Garay, yang akan kehilangan sisa musim kompetisi karena cedera lutut, menjadi pemain pertama dalam La Liga yang dikonfirmasi positif sebelumnya pada hari yang sama.

“Jelas saya salah langkah pada 2020,” tulis Garay melalui media sosial. “Saya sudah dites positif virus korona, saya baik-baik saja dan sekarang hanya mendengarkan otoritas kesehatan, saat ini dalam isolasi.”

Valencia mengkonfirmasi lebih banyak kasus tidak lama setelah pengumuman Garay. “Valencia CF mengkonfirmasi lima kasus positif COVID-19 virus korona telah terdeteksi di antara staf dan pemain tim utama.

Di sisi lain, Salah satu pabrik produksi terbesar Ford di luar Amerika Utara akan ditutup selama setidaknya satu minggu mulai dari hari ini karena wabah Coronavirus. Pabrikan itu melaporkan bahwa tiga karyawannya dinyatakan positif mengidap COVID-19 dan ini memaksa perusahaan tersebut untuk membuat keputusan drastis.

“Ada tiga kasus positif COVID-19 di pabrik Ford Valencia dalam 24 jam terakhir,” komentar seorang juru bicara perusahaan sebagaimana dikutip dari Reuters via Motor1, Selasa (17/3). (fin/tgr)

sumber: www.fin.co.id