PKB Mobil Meningkat 10 Persen

Selasa, 16 Oktober 2012 - 10:21:49 - Dibaca: 2289 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SAROLANGUN - Kepala UPT Dispenda Provinsi Jambi di Sarolangun, Khatib Agus, mengaku penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) mobil di Sarolangun mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

            ‘’Per Oktober 2012 ini kami berhasil menerima pembayaran PKB khusus mobil sebesar Rp 5.6 miliyar dari 3.728 unit mobil. Sedangkan tahun 2011 yang lalu per oktober dari 3.309 unit mobil hanya berhasil menerima pembayaran pajak sebesar Rp 4.6 miliyar,’’ beber Khatib, kemarin.

            Dikatakannya, meningkatnya penerimaan PKB khusus mobil ini dikarenakan adanya pajak progresif, ditambah dengan pajak kendaraan dinasyang membayar pajak sebesar 0.5 persen, baik milik Pemda maupun milik TNI atau Polri. ‘’Peningkatan penerimaan pajak ini dikarenakan gencarnya sosialisasi yang dilakukan petugasnya,’’ ujarnya.

            Disinggung mengenai berapa PAD yang diterima Pemkab Sarolangun, Khatib belum bisa mengjelaskan secara pasti. Karena pembagiannya kepada kabupaten itu secara keseluruhan penerimaan pajak, bukan melalui jenis kendaraan. ‘’Begitu juga dengan penerimaan-penerimaan pajak lainnya. Setelah itu, dibagi sesuai dengan ketentuan, baru dikembalikan ke kabupaten atau kota. Yang jelas, peningkatan itu ada sekitar sepuluh persen,’’ terang Khatib Agus.

(zha)