Eksprimentasi Seni, Perlu

Selasa, 16 Oktober 2012 - 10:35:05 - Dibaca: 3579 kali

Google Plus Stumbleupon


Zumi Zola Zulkifli
Zumi Zola Zulkifli / Jambi Ekspres Online

MUARASABAK - Bupati Tanjab Timur, Zumi Zola Zulkifli menghimbau kepada para insan dan pemerhati seni, agar bekerja lebih profesional, berinovasi, berkolaborasi dan melakukan eksprimentasi seni. ‘’Sehingga dapat melahirkan karya seni yang bermutu tinggi yang tetap berakar pada budaya bangsa sendiri,’’ ujarnya usai membuka secara resmi Festival Seni Budaya dan Pameran Pembangunan si segala bidang kemarin (15/10).

            Dikatakannya kekayaan budaya di wilayah Tanjab Timur sangat beragam, seperti ritual mandi safar, acara adat tari inai, tari seribu lilin, dan tari sumbun. Jika ini dikelola dan dikemas dengan baik. Dia meminta agar budaya-budaya yang dimiliki Tanjab Timur tersebut diperkenalkan dan di promosikan kepada masyarakat luas, baik didalam maupun diluar daerah. ‘’Dengan demikian, akan banyak menarik wisatawan, dan akhirnya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,’’ katanya.

            Selain keanekaragaman budaya, lanjutnya, dibidang pembangunan infrastruktur, Tanjab Timur dapat berbangga dengan telah selesainya pembangunan jembatan Muara Sabak yang membentang sungai Batang Hari. ‘’Sehingga mempersatukan kecamatan, kelurahan, dan Desa-desa. Ini menjadi suatu kemudahan dan kesempatan bagi daerah-daerah yang ada dalam wilayah Tanjab Timur untuk dapat lebih maju,’’ paparnya.

            Dalam hari jadi yang Ke-13 ini, dirinya selaku kepala daerah berharap, agar kedepannya semua daerah dapat ditempuh melalui jalur darat. ‘’Semua ini tentunya akan menuntut kerjasama ang erat, diantara kita semua. Kerjasama yang saling mendukung, bahu-membahu antara pemerintah dan masyarakat,’’ jelasnya.

(yos)