Bantuan Berkesinambungan PLN

Kamis, 18 Oktober 2012 - 12:37:47 - Dibaca: 2291 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUARASABAK - Banyak cara yang dapat dilakukan suatu perusahaan untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat. Salah satunya dengan memberikan bantuan berkesinambungan. Itulah yang dilakukan PT PLN (Persero) di Desa Kuala Lambur Kecamatan Sabak Timur Kabupaten Tanjab Timur, kemarin (16/10).

            Menurut Supervisor PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (WS2JB), Edy Juarsah,  bantuan yang diberikan ke Desa Kuala Lambur senilai Rp 500 Juta. ‘’Tapi bantuan tidak diberikan langsung tunai melainkan berkesinambungan atau melalui tahapan,’’ ujarnya kemarin.

            Dikatakannya, pemberian bantuan pun hanya bagi desa tertentu yang memiliki produk usaha contohnya produk usaha kerupuk udang yang dihasilkan Desa Kuala Simbur. ‘’Kami akan bantu desa ini sampai berhasil, dengan syarat kerajinan produk kerupuk udang tetap berjalan,’’ jelasnya.

            Namun apabila usaha produksi tidak berjalan, lanjutnya, maka pemberian bantuan kepada desa penerima bantuan akan kembali dievaluasi pihak PLN. Sebelumnya, pihak PLN telah bekerjasama dengan pemerintah daerah, mengenai daerah mana yang betul-betul berpotensi untuk dimajukan usahanya. ‘’Tapi tidak menutup kemungkinan untuk daerah lain,’’ katanya.

            Selain Tanjab Timur, lanjutnya, akan ada lagi desa penerima bantuan di Kabupaten Muaro Bungo. Sedangkan di Provinsi Sumatera Selatan terdapat desa yang menerima bantuan di Kecamatan Ogan Komering Ulu Timur, desa di Muara Enim Bakti Pelayang. ‘’Bantuan bervariasi berupa perbaikan Mandi Cuci Kaku (MCK, Red), bantuan untuk ibu hamil dan balita, perbaikan rumah ibadah. Di Lubuk Linggau juga ada bantuan berupa pelatihan perbengkelan bagi remaja putus sekolah,’’ paparnya.

            Sedangkan di Provinsi Bengkulu, ada desa penerima bantuan di Kabupaten Bintuhan berupa pembinaan kelompok tani salak. ‘’Mudah-mudahan bisa tercapai dan berjalan,’’ tandasnya.

(yos)