Pastikan 12 Cabor Sementara

Rabu, 29 Januari 2014 - 10:49:47 - Dibaca: 1140 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

Untuk Pelatnas Asian Games 2014

JAKARTA-Perlahan mulai menunjukkan titik terang berapa jumlah cabor yang dimasukkan di dalam pelatnas Asian Games 2014. Setelah melalui beberapa proses, Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima)  untuk sementara sudah menentukan 12 cabor yang masuk dalam prioritas pelatnas Asian Games.

Ke-12 cabor tersebut di antaranya adalah bulutangkis, renang, atletik, dayung, balap sepeda, bola voli pantai, angkat besi, panahan, wushu, karate, equestrian dan bowling. Selain 12 cabor, Satlak Prima sejatinya mempertimbangkan secara keseluruhan sebanyak 17 cabor untuk dimasukkan di dalam prioritas pertama.

Kepastian prioritas untuk 12 cabor tersebut diungkapkan Kasatlak Prima Suwarno, saat ditemui di kantor KONI Pusat, Jakarta, kemarin (28/1). "Kami melihat ada sekitar 17 cabor, jumlah itu bisa berkurang. Hanya memang yang berpotensi besar meraih medali sementara ini ada di 12 cabor," ujarnya.

Menurut Warno " sapaan akrabnya, penentuan 12 cabor tersebut diambil setelah melihat data yang diberikan oleh para Pengurus Pusat (PP) atau Pengurus Besar (PB) tiap cabor. Hingga kemarin, sudah ada 35 cabor yang PP/PB memasukkan datanya. Jumlah tersebut di luar cabor sepakbola yang masih terus ditunggu data atlet dan pelatihnya.

Satlak belum menutup kemungkinan pertambahan jumlah cabor untuk pelatnas Asian Games. Itu rencananya akan diputuskan hingga hari ini. "Paling tidak besok sore (sore ini, Red) semuanya akan masuk. Setelah itu, data ini akan kami bawa kepada tim seleksi untuk kemudian ditentukan lagi kelayakannya," beber Warno.

Sekalipun dianggap paling potensial, dari 12 cabor yang sudah diumumkan ini masih belum bisa memenuhi target sembilan emas di Asian Games. Berdasarkan perhitungan Satlak Prima, bahkan hanya maksimal tujuh emas yang bisa dibawa pulang dengan mengandalkan 12 cabor andalan ini.

Makanya, ungkap Warno, sekalipun nantinya dalam perjalanan pelatnas sudah ditentukan berapa cabor prioritas, bukan tidak mungkin masih ada perubahan. Semua melihat perkembangannya di dalam masa pelatnas. "Kalau ada yang di luar prediksi tapi bisa berprestasi, ya tidak mustahil jika cabor itu kami prioritaskan," sebutnya.

Yang terbanyak dari daftar 12 cabor itu tentunya dari cabor terukur. Menurut koordinator cabor terukur Satlak Prima, Hadi Wihardja, pihaknya akan terus menggali potensi dari cabor-cabornya. Terutama dari sisi nomor andalannya apa saja. "Besok mungkin kami akan ke Waduk Cipule di Karawang untuk melihat bagaimana peluang rowing, terutama untuk kayak," pungkasnya.

(ren)