Tamu sedang Sakit

Sabtu, 01 Februari 2014 - 11:19:45 - Dibaca: 1280 kali

Google Plus Stumbleupon


 ON FIRE: Striker Barcelona Leonell Messi sedang on fire usai dibekap cedera. Messi siap meraih poin penuh saat timnya menjami Valencia di Camp Nou.(AFP)
ON FIRE: Striker Barcelona Leonell Messi sedang on fire usai dibekap cedera. Messi siap meraih poin penuh saat timnya menjami Valencia di Camp Nou.(AFP) / Jambi Ekspres Online

Barcelona v Valencia

BARCELONA - Tak satu pekan pun posisi puncak klasemen Primera Division 2013-2014 lepas dari cengkeraman Barcelona. Dari 21 jornada yang sudah berlangsung, tim Catalan itu selalu mengakhiri pekan sebagai pemimpin sementara. Hanya saja, mereka belum mampu meninggalkan Atletico Madrid dan Real Madrid dengan beda poin yang jauh.

                Peluang untuk meninggalkan dua tim asal kota Madrid tersebut tersaji di jornada 22. Barca bakal memainkan laga sehari lebih awal dibandingkan Atletico dan Real di akhir pekan ini. Mereka pun mempunyai kans untuk memperlebar selisih poin dengan duo Madrid itu.

                Blaugrana (julukan Barca) dan Atletico saat ini masih menguasai peringkat atas Primera Division dengan perolehan poin sama 54. Sementara itu, Madrid terus menguntit dengan koleksi angka satu poin lebih sedikit.

                Barca bakal mempunyai kans untuk memperlebar jarak kumpulan poin sebab akan memainkan pertandingan lebih awal saat menjamu Valencia, malam nanti. Tim asuhan Tata Martino itu sedang beruntung, sebab Valencia sedang menghadapi banyak masalah dalam beberapa pekan terakhir. Salah satunya, eksodus pemain sepeninggal didepaknya Pelatih Miroslav Djukic.

                Valencia juga tak kunjung membaik semenjak ditangani Juan Antonio Pizzi. Setelah menang 2-0 lawan Levante di awal januari, mereka tak mampu menang di lima laga berikutnya di berbagai ajang. Rinciannya, tiga kali seri dan dua kali kalah.

                "Valencia sedang tidak berada dalam kondisi yang baik saat ini. Tapi, mereka tetap menyimpan potensi untuk menyulitkan tim manapun. Kami hanya tak boleh kehilangan fokus di setiap momen," beber Martino seperti dikutip Mundo Deportivo.

                Peluang Barca untuk memetik poin absolut makin besar jika melihat perjalanan lawannya musim ini. Valencia hanya memetik dua kali kemenangan saat menjalani laga away. Sebaliknya, Blaugrana selalu menang di kandang dalam 25 laga di hadapan pendukungnya.

                Valencia sendiri saat ini berkutat di peringkat kesepuluh dengan 25 poin. Gambaran yang nyata terhadap krisi di tubuh tim berjuluk Los Che itu. Terlebih lagi, Valencia baru saja melepas beberapa pemainnya di bursa musim dingin.

                Striker Helder Postiga dipinjamkan ke Lazio dan full back Andres Guardado ke Bayer Leverkusen. Sedangkan Sergio Canales yang sedang mengalami cedera, serta Ever Banega tak dimasukkan dalam skuad oleh Pizzi karena keduanya dikabarkan juga bakal segera menyusul pindah.

                Barcelona sendiri hanya kehilangan Neymar yang cedera. Andres Iniesta sudah pulih dan siap dimainkan, tapi sepertinya pencetak gol tunggal Spanyol di final Piala Dunia 2010 itu bakal mengawali laga dari bangku cadangan. Begitu juga kapten Carles Puyol. Keduanya sudah dipasang sebagai starter kala Barca menang 5-1 dari Levante di leg kedua Copa del Rey.

(ady)