Disnakkan Cek Kesehatan Hewan Kurban

Selasa, 23 Oktober 2012 - 10:35:22 - Dibaca: 2576 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUARABULIAN - Menjelang Idul Adha, Dinas Peternakan Dan Perikanan (Disnakkan) Batanghari, akan melakukan pengecekan kesehatan hewan yang akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha.

‘’Hal ini dilakukan agar kesehatan hewan yang akan dikorbankan, terbebas dari berbagai penyakit,’’ sebut Kadinakkan melalui Sekretaris Disnakkan Batanghari, Ida.

Dikatakannya, adapun pengecekan yang akan dilakukan nantinya bertujuan untuk menganilisa fisik dari ternak, kemudian dicek klinis pada hewan, dalam hal ini pihaknya akan menurunkan tim Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) guna untuk mengecek hewan ternak seperti sapi yang akan dikurbankan, baik sebelum maupun sesudah hewan dikurbankan. ‘’Pengecekan kesehatan hewan ternak yang akan dikurbankan, tim HKBN akan turun langsung ke tiap-tiap kecamatan yang ada di Batanghari,’’ jelasnya.

            Apabila nantinya terdapat keganjilan pada hewan yang telah dipotong nantinya, katanya, maka daging tidak diperbolahkan untuk diedarkan. ‘’Karena ini sangat berbahaya bagi masyarakat yang akan mengkonsumsinya,’’ ujarnya.

     Sayangnya Ida belum bisa memastikan kapan pihaknya akan turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan kesehatan pada hewan yang akan dikurbankan nantinya.

‘’Soal itu akan, kami rapatkan terlebih dahulu,’’ pungkasnya.

(cr6)