Persiapkan Mental Siswa

Selasa, 22 April 2014 - 09:32:43 - Dibaca: 875 kali

Google Plus Stumbleupon


Sutan Nasution, SPd
Sutan Nasution, SPd / Jambi Ekspres Online

MENJELANG pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat yang bakal digelar tak lama lagi, maka Kepala SMPN 9 Kota Jambi, Sutan Nasution, SPd mengatakan pihaknya lebih mempersiapkan mental siswanya untuk menghadapi UN.

           “Persiapan mental lebih kita tekankan. Untuk persiapan UN sendiri kita sudah melakukan pendalaman materi. Bahkan sejak selesai UAS kita kebut dengan belajar tambahan yang dilakukan setiap hari untuk empat bidang studi yang di-UN-kan,” jelas Sutan.

          Menurutnya, meski melelahkan, namun siswanya cukup antusias mengikuti tambahan belajar mengingat UN sudah semakin dekat. Untuk bisa lulus seratus persen dan diterima di sekolah lanjutan yang dituju, tentu butuh pengorbanan dan usaha.

“Karena itu siswa tidak mengeluh meski harus belajar tambahan setiap hari,” imbuhnya.

          Sedangkan untuk persiapan mental siswa, dalam waktu dekat pihaknya bakal mengadakan doa bersama yang diisi dengan kegiatan yasinan, doa, pengajian dan salat sunat berjamaah.

“Tujuannya tentu memohon kepada Allah untuk dimudahkan dalam menjalani UN. Agar siswa juga diberi kesiapan mental dan kemantapan hati dalam menjawab soal-soal UN,” jelasnya.

          Meski hasil TO yang telah dilaksanakan sebanyak tiga kali hasilnya belum memuaskan, namun Sutan mengaku optimis anak didiknya bisa lulus seratus persen.  “Optimisme itu harus. Kalau kita sudah pesimis duluan, berarti sudah kalah sebelum bertanding,” tambahnya.

          TO yang sudah diadakan, menurut Sutan, tidak bisa dijadikan tolok ukur UN yang sebenarnya. “Banyak sekolah mengeluhkan hasil TO yang tidak memuaskan. Bukan hanya kita, karena itu saya berkesimpulan TO bukan tolok ukur kesiapan siswa untuk UN. Hanya saja, bisa dijadikan pijakan untuk bersiap lebih baik lagi,” pungkasnya.

(lia)