6 Kecamatan Rawan Banjir

Rabu, 24 Oktober 2012 - 10:38:21 - Dibaca: 1105 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SENGETI - 6 kecamatan dari 11 kecamatan yang ada di Muarojambi merupakan daerah rawan Banjir musiman yang diprediksi akan datang pada akhir tahun ini. 6 kecamatan itu ialah Kecamatan Jaluko, Sekernan, Marosebo, Taman Rajo, Kumpe Ulu dan Kecamatan Kumpe Ilir.

            Selain rumah penduduk yang menjadi korban banjir, pertanian masyarakat setempat seperti sawah, kebun karet hingga kebun sawit dan Palawija, juga terkena banjir musiman.

            Mengatasi masalah ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muarojambi telah mempersiapkan diri untuk meminimalisir dampak bencana yang akan terjadi akibat banjir. ‘’Kami telah melakukan koordinasi dengan beberapa instansi untuk bersiap menghadapi banjir, beberapa langkah yang akan kami ambil ialah melakukan sosialisasi kepada masyarakay yang berpotensi menjadi korban banjir, yang isinya mengenai penyuluhan untuk evakuasi barang maupun jiwa setiap keluarga,’’ ujar Kepala BPBD Muarojambi, Zakir SPd.

            Selain itu, pihak BPBD juga akan mendirikan posko disetiap titik terjadinya banjir, didalam posko itu nantinya akan disediakan tenaga medis berikut beberapa obat yang dibutuhkan korban banjir. ‘’Posko disetiap titik, relawan akan disiapkan berikut tenaga medis dan obat-obatan bagi masyarakat, yang sedang kami usahakan ialah sumber makanan siap saji bagi korban banjir ini nantinya, hal ini sudah kami koordinasikan dengan beberapa dinas instansi terkait,’’ tukasnya.

            Untuk diketahui, setiap tahun pada musim hujan, Muarojambi selalu kedatangan bencana banjir yang biasanya akan terjadi di pertengahan musim hujan, seperti tahun lalu tidak kurang 250 rumah menjadi korban banjir, hingga saat ini juga masih tercatat musibah banjir paling besar ialah terjadi pada tahun 2000 lalu.

(era)