57 JCH Batal Berangkat

Senin, 10 September 2012 - 21:29:54 - Dibaca: 1729 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

Tak Kunjung Lunasi BPIH

JAMBI - Sebanyak 57 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Jambi  dipastikan batal berangkat, karena tidak melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) hingga batas waktu yang ditentukan.

Dengan demikian, julmah JCH yang dipastikan berangkat adalah sebanyak 2.577 JCH  dari 2.634 kuota yang telah ditentukan.

‘’Kita telah memberikan perpanjangan waktu dari tanggal 3 sampai 7 September yang lalu. Namun dari 151 JCH yang belum melunasi per 31 Agustus kemarin, sudah dipastikan 57 orang yang tidak melunasi,” ujar Kabid Haji Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, H. Herman, saat dikonfirmasi via ponselnya, kemarin.

Dari 2.557 JCH yang melunasi itu, kota Jambi merupakan peserta terbanyak. Yaitu, 632 orang, Batanghari 180 orang, Tanjabbar 279 orang, Muaro Jambi 1.149 orang, Tanjabtim 135 orang, Bungo 233 orang, Merangin 333 orang, Kerinci 326, Tebo 144 orang, dan Sarolangun sebanyak 166 orang.

Hanya saja, Herman mengakui bahwa dirinya tidak mengetahu berapa jumlah JCH per-kabupaten yang belum melunasi BPIH.

“Data per-kabupatennya belum saya,” tandasnya.

Ditegaskan dia, 57 JCH yang batal diberangkatkan itu, akan diberangkatkan pada tahun berikutnya. Namun, apabila mereka juga tidak melunasi BPIH pada tahun 2013 mendatang, maka, keberangkatan kembali di tunda pada tahun 2014.

“Mereka hanya diberi tenggat waktu selama tiga tahun,” tandasnya.

Apabila selama tiga tahun mereka juga belum melunasi, maka, keberangkatan mereka di batalkan, karena, masih banyak JCH yang lain yang akan berangkat.

            “Uangnya kita kembalikan ke-rekening mereka masing-masing,” tandasnnya. Sebelumnya, Herman mengatakan, pada tahun ini, Provinsi Jambi kembali mendapat kesempatan pertama di tahun ini diberangkatkan ke Arab Saudi. ‘’Ini kali kedua kita berangkat perdana pada kloter pertama keberangkatan haji tahun 2012. Ini khusus untuk embarkasi Batam,” kata Herman kepada wartawan, baru-baru ini.

Jadwal embarkasi Batam sudah keluar. Sesuai jadual, untuk embarkasi ini akan dilepas pertama oleh Menteri Agama. Jadualnya, masuk asrama pada 20 September untuk kloter I dan II, serta 21 September untuk kloter III. Sementara waktu keberangkatan yakni pada 21 September untuk kloter I dan II serta 22 September untuk kloter III. Untuk embarkasi Batam, jelasnya, terdiri dari III kloter. Embarkasi ini, terdiri dari 450 JCH per kloternya.

Menurut dia lagi, istimewanya kloter pertama dan perdana di Indonesia yakni akan dilepas Menteri Agama, kemudian di bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi akan disambut pihak panitia haji di sana. Kemudian kepulangan juga akan disambut oleh menteri.

Sementara untuk embarkasi Padang, jelas dia, terdiri dari 3,5 kloter. Untuk setengah kloter terakhir akan diisi JCH dari Jambi bersama dengan JCH Bengkulu.

(fth)