Rumah dan Kebun Warga Terancam Banjir

Rabu, 21 November 2012 - 10:33:29 - Dibaca: 1752 kali

Google Plus Stumbleupon


BANJIR: Akibat debit sungai naik, maka beberapa rumah di Batanghari, sudah digenangi air.(GUSNADI/JAMBIEKSPRES)
BANJIR: Akibat debit sungai naik, maka beberapa rumah di Batanghari, sudah digenangi air.(GUSNADI/JAMBIEKSPRES) / Jambi Ekspres Online

MUARABULIAN – Masyarakat Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, saat initengah khawatir dengan area perkebunan dan rumah mereka. Pasalnya, akibat debit air Sungai Batanghari naik, rumah warga dan ratusan hektar perkebunan warga, terancam banjir.   

            Meskipun pihak Dinas Pekerjaan Umum Batanghari telah melakukan beberapa upaya penanggulangan di beberapa area yang rawan terkena banjir. Namun upaya yang dilakukan tidak bias membendung besarnya air sungai Batanghari yang meluap. Apalagi belakangan ini, wilayah Batanghari terus diguyur hujan yang mengakibatkan makin meluapnya air sungai.

            ‘’Upaya yang dilakukan pihak PU selama ini belum juga bias mengatasi banjir yang selama ini setiap hujan, rumah dan kebun kami selalu terancam banjir,’’ ujar Aini warga Kelurahan Pasar Baru, kemarin.

            Terpisah, Andi warga Batanghari, mengharapkan pemkab untuk kembali merehab tanggul-tanggul yang sekarang telah hancur, sehingga meski debit air meningkat, area perkebunan dan rumah warga tidak begitu besar merendam. ‘’Tanggul yang sudah lama di buat beberapa tahun yang lalu, saat ini sudah rendah, karena sudah banyak yang hancur. Jadi harapan kami pemkab kembali menganggarkan perehaban tanggul,”’’ harapnya.

            Pantauanharian ini dilapangan kemarin, air Sungai Batanghari yang meluap sudah sampai ke permukaan rumah, dan sudah merendam beberapa hektar area perkebunanwarga, dan juga jarak air yang meluap itu sudah hampir naik ke jalan lintas.

(cr6)