Kurangi Konsumsi Beras di Provinsi Jambi

Selasa, 11 September 2012 - 12:22:57 - Dibaca: 3159 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Jambi mengajak seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di berbagai tingkat pemerintahan untuk mengambil peranan, dalam upaya mengurangi tingkat konsumsi beras di Provinsi Jambi.

Hal ini disampaikan oleh  Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Jambi, Hartono saat membuka kegiatan Sosialisasi Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) Provinsi Jambi di Hotel Royal Garden, Kota Jambi, kemarin.

‘’Mengurangi konsumsi beras di Provinsi Jambi merupakan tugas bersama. Namun itu tidak mudah dan harus persuasif. Pangan lokal juga harus bisa menggantikan konsumsi beras,’‘ ujarnya.

Menurutnya, ada budaya di Provinsi Jambi yang mengharuskan makan nasi, yakni jika belum makan nasi maka belum sempurna. ‘‘Mudah-mudahan secara bertahap kedepannya ini bisa terlaksana dan terwujud,’‘ katanya.

Ditegaskannya, guna mewujudkan ketahanan pangan khususnya aspek konsumsi bukanlah pekerjaan ringan dan cepat. Namun menuntut seluruh komponen bangsa bekerja lebih keras, menjaga koordinasi multipihak/lintas sektor. ‘‘Tanpa adanya keterpaduan, maka ketahanan pangan sebagai hak azasi manusia akan sulit diwujudkan,’‘ sebutnya.

    Kemudian, melalui pertemuan itu, Hartono berharap berbagai program kegiatan yang terkait dengan upaya pemenuhan kebutuhan pangan beragam, bergizi, berimbang menuju terciptanya pola pangan harapan melalui upaya diversifikasi, pengembangan pangan lokal, pembelajaran dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi pangan non konvensional yang secara esensi kandungan gizinya tidak kalah dengan pangan yang selama ini dikonsumsi dan bahkan saling melengkapi yang melibatkan berbagai unit kerja dapat diselenggarakan secara bersinergi sesuai tugas dan tanggungjawab masing-masing di semua tingkatan.  

(cr7)