Panahan Juga Raih Perak

Rabu, 19 September 2012 - 11:18:02 - Dibaca: 3267 kali

Google Plus Stumbleupon


GAGAL SUMBANG EMAS: Atlet panahan Jambi Megawati hanya mampu menyumbang perak di final ronde nasional jarak 40 meter(M RIDWAN/JAMBIEKSPRES)
GAGAL SUMBANG EMAS: Atlet panahan Jambi Megawati hanya mampu menyumbang perak di final ronde nasional jarak 40 meter(M RIDWAN/JAMBIEKSPRES) / Jambi Ekspres Online

PEKANBARU-Raihan emas Jambi sudah mentok. Cabang unggulan Jambi, senam dan panahan yang diharapkan mampu mendulang emas, ternyata gagal.

Panahan yang menempatkan Megawati di final ronde nasional jarak 40 meter, gagal. Dia harus puas menempati peringkat kedua dan berhak atas medali perak.

‘‘Saya sudah berusaha maksimal. Tapi memang keberuntungan belum berpihak,’‘katanya. Megawati kalah telak 7-1 dari atlet Jawa Barat Syifa Nurafifah di final yang dilangsungkan di lapangan panahan di Universitas Islam Riau kemarin.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa cuaca terik sangat mengganggu. Pandangannya silau saat membidik sasaran. ‘‘Padahal kondisi fisik dan mental saya sangat siap. Tidak grogi sama sekali. Saya mohon maaf kepada seluruh masyarakat Jambi atas kegagalan ini,’‘katanya sambil meneteskan upacara usai pengalungan medali.

Sementara itu, sekretaris umum pengprov Perpani Jambi, Ikhsan, mengatakan atletnya sudah berusaha maksimal. ‘‘Ini akan menjadi bahan evaluasi buat pengurus. Tapi yang pasti sasaran sekarang harus sudah diarahkan ke 2016 saat PON/XIX di Jawa Barat,’‘bebernya.

Meski gagal menyumbang emas, Ikhsan mengatakan ada peningkatan prestasi anak-anak asuhnya. Novri adalah salah satunya.

‘‘Ada peningkatan signifikan pada skor raihan Novri. Bahkan di jarak 30 meter ia berhasil menempati peringkat pertama,’‘jelasnya.

Demikian juga dengan Hanif Wijaya. Di usianya yang masih belia, Ikhsan yakin Hanif akan menjadi atlet handal.

‘‘Tapi memang melihat persiapan atlet lain, kita akui kalah. Mereka ada yang try out sampai ke Korea,’‘imbuhnya.

Di pertandingan kemarin Megawati memang tampil sangat percaya diri. Di seri pertama kedua atlet bahkan mencatatkan skor sama 26-26 atau 1-1. 

Memasuki seri kedua, baru Megawati kedodoran. Meski lebih senior, ia gagal memanfaatkannya. Akibatnya, ia harus mengakui keunggulan Syifa dengan skor 25-23 atau skor menjadi 3-1.

Di seri ketiga, Megawati berusaha terus mengejar. Dari tiga anak panah yang dilepaskan, semua mempunyai poin 9, 8 dan 8. Namun ternyata raihan lawan lebih baik. Syifa sukses menembakkan anak panah ke sasaran nyaris sempurna dengan nilai 8, 9 dan 10. Kembali ia unggul dan menjadikan skor berubah menjadi 4-1

Seri keempat menjadi bencana buat Megawati. Meski telah berusaha maksimal, kembali ia dikalahkan Syifa. Syifa sukses menancapkan tiga anak panahnya dengan nilai 10, 8 dan 10. Sedangkan Megawati justru hanya sanggung menembak sasaran di lingkaran bernilai 8, 7 dan 8. Skor akhir pun menjadi 7-1 untuk kemenangan Syifa.

(tya)