Mantan Menteri Agama Tarmizi Taher Wafat

Rabu, 13 Februari 2013 - 09:46:59 - Dibaca: 1538 kali


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAKARTA - Mantan Menteri Agama Dr Tarmizi Taher meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusomo (RSCM) Jakarta, Selasa (12/2) sekira pukul 04.30 WIB. Jenazah disemayamkan di rumah duka, Jalan Merbau nomor 1, Kompleks Angkatan Laut Pangkalan Jati, Jakarta Selatan, dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, bakda shalat zuhur.

Tarmizi Taher, anak dari pasangan Taher dengan Djawanis Syarif itu lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 7 Oktober 1936. Dia menikah dengan Hj Djusma dan dikaruniai empat anak masing-masing Afgan, Sakina, Halbana, dan Dirgantoro.

Almarhum semasa hidupnya meraih gelar dokter tahun 1964 di Universitas Airlangga Surabaya dan meniti karier di TNI AL hingga pensiun dari jabatannya sebagai Kepala Pusat Pembinaan Mental TNI dengan pangkat Laksamana Muda.

Usai di Kapus Bintal TNI, Tarmizi dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal Kementerian Agama selama enam tahun hingga 1993 dan berlanjut dipercaya untuk jabatan Menteri Agama dalam Kabinet Pembangunan VI.

Pada awal-awal menjadi Meteri Agama, Dokter Haji Tarmizi Taher dihadapan majelis-majelis agama mengatakan bahwa kepemimpinan yang akan dikembangkan mirip manajemen Warung Nasi Padang. "Saya akan menerapkan pola kepemimpinan terbuka dengan manajemen yang efisien serta cepat tanggap. Seperti mengelola Rumah Makan Padang," kata Tarmizi, saat itu.

Selama menjabat Menteri Agama, Tarmizi merintis pengembangan Siskohat (sistem komputerisasi haji terpadu) dan pembentukan Dana Abadi Umat (DAU) serta menyelesaikan kemelut paspor hijau.

Selain itu, Putra Pariaman itu pernah pula menjadi Duta Besar RI di Norwegia dan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia. Dia juga pernah dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa di bidang dakwah oleh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

(fas/jpnn)