Feisal Tanjung Tutup Usia

Selasa, 19 Februari 2013 - 09:42:17 - Dibaca: 1460 kali


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAKARTA--Innalillahi wainailahi Rojiun. Mantan Panglima ABRI (Pangab) Jend (purn) Feisal Tanjung, tutup usia. Menkopolhukam di era Presiden BJ Habibie itu menghembuskan nafas terakhir, Senin (18/2) pagi.

"Beliau meninggal pagi tadi di RS Siloam sekitar pukul 06.30 WIB," ujar Kapuspen TNI Laksamana Muda, Iskandar Sitompul.

Saat ini Almarhum telah di bawa ke rumah duka di Jalan Taman Patra, Kuningan, Jakarta Selatan. Rencananya, akan dimakamkan di TMP Kalibata. Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dijadwalkan segera melayat ke rumah duka.

"Seluruh jajaran Pejabat tinggi termasuk Bapak Panglima akan melayat ke rumah duka," tambah Kapuspen.

Dari laman wikipedia, disebutkan Feisal Tanjung lahir di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, 17 Juni 1939. Dalam usia 73 tahun, Feisal dikenal sebagai salah satu tokoh militer Indonesia.

Nama Feisal Tanjung sebelumnya tidak masuk prediksi sebagai calon Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia mengingat saat itu ada calon kuat lain, yakni Jenderal TNI Wismoyo Arismunandar yang saat itu memegang jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Feisal Tanjung merupakan salah seorang perwira ABRI yang memegang jabatan tertinggi tanpa melalui jenjang Kepala Staf. Sebelumnya, LB Moerdani juga melaju ke jabatan Pangab tanpa melalui jabatan tersebut.

Feisal Tanjung memiliki seorang isteri bernama Masrowida Lubis dan dikaruniai 3 orang anak. Beliau juga adalah abang kandung dari tokoh nasional Akbar Tanjung.

Nama Feisal mulai menjadi pembicaraan hangat setelah memimpin DKP (Dewan Kehormatan Perwira) untuk tragedi Santa Cruz di Timor Leste tahun 1991.

(afz/jpnn)