Karate Bidik PON XIX

Senin, 24 September 2012 - 09:43:00 - Dibaca: 3106 kali

Google Plus Stumbleupon


JANGKA PANJANG: Erlando Stevano saat bertanding di PON XVIII baru lalu, kini insan karate di Jambi mulai menyiapkan potensi-potensi muda untuk ajang empat tahun mendatang.(M RIDWAN/JAMBI EKSPRES)
JANGKA PANJANG: Erlando Stevano saat bertanding di PON XVIII baru lalu, kini insan karate di Jambi mulai menyiapkan potensi-potensi muda untuk ajang empat tahun mendatang.(M RIDWAN/JAMBI EKSPRES) / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Kegagalan karate Jambi menyumbang medali di PON XVIII kemarin menggugah insan karate. Menghadapi PON XIX, insan karate Se-Provinsi Jambi akan menggelar open turnamen karate, 19-21 Oktober mendatang di GOR Kotabaru, Jambi. Hal ini dikatakan Steering Comitee, Ir Purnawarman, MSi, Kamis (20/9) lalu.

                Menurut dia, menghadapi PON empat tahun yang akan datang diperlukan persiapan dari sekarang. Untuk itu insan karate Jambi berusaha mengumpulkan semua potensi perguruan karate yang ada. “Kita akan menggelar Jambi Karate Open Tournament yang diikuti semua atlet perguruan yang ada. Even pertama kali ini  mudah-mudahan dapat memetakan komunitas karate di Jambi,” ujarnya.

                Dikatakannya, dengan adanya pemetaan atlet karate dari semua perguruan akan dijadikan langkah awal pembinaan berkesinambungan. “Kami merencanakan even ini bisa berkelanjutan. Setiap perguruan diharapkan menjadi penyelenggara kejuaraan,” kata Purnawarman.

                Wasit Asia yang dimiliki Jambi, Afriansah, SPt menambahkan, selain memiliki atlet berbakat dengan seringnya kejuaraan juga diperlukan pelatih dan wasit bersertifikat nasional untuk mewujudkan prestasi di tingkat nasional. “Turnamen ataupun kejuaraan daerah akan dipimpin wasit daerah. Sebelum even ini, kami akan melakukan penataran wasit yang akan memimpin pertandingan,” ujarnya.

Dengan banyaknya even karate di Jambi, jelasnya, diperlukan wasit bersertifikat, kemudian akan ditingkatkan menjadi wasit  nasional dan seterusnya.

                Sementara itu, Ketua Pelaksana Jambi Karate Open Tournament, Syamsudin, mengatakan, atlet karate Jambi membutuhkan even-even untuk memotivasi prestasi. Dengan even ini diharapkan atlet-atlet dari semua perguruan berlomba untuk menunjukkan prestasi terbaik mereka.

                “Kami berharap dengan open turnamen yang akan diikuti dari atlet usia dini hingga kategori junior itu dapat menjaring atlet berbakat untuk pembinaan berkelanjutan,” kata Syamsudin.

                Dikatakannya, even mempersiapkan atlet-atlet menuju PON XIX 2016 itu akan sukses dengan dukungan semua pihak. “Kami sangat mengharapkan dukungan dari Pengprov Forki dan KONI Jambi,” harapnya.

(tya)