Pemkab Bahas Subsidi PRA

Selasa, 25 September 2012 - 10:25:55 - Dibaca: 2049 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI–Adanya wacana maskapai penerbangan Pasific Royale Airways (PRA) menginginkan subsidi dari APBD, mulai disikapi oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kerinci, H Zulpahmi, dikonfirmasi oleh harian ini mengatakan, untuk memberikan subsidi untuk maskapai penerbangan Pasific Royale Airways ini harus dibicarakan terlebih dahulu oleh Pemkab Kerinci.

Hal ini dikarenakan, selain jumlah anggaran yang dikucurkan cukup besar, subsidi ini juga tidak semata-semata harus dikeluarkan oleh Pemkab Kerinci.

“Untuk mensubsidi Pasific Royale Airways ini, harus kita bicarakan dulu, tergantung keputusan pak Bupati Kerinci, nanti akan kita bahas lagi,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini belum ada permintan secara tertulis maupun lisan dari pihak Pasific Royale Airways, untuk meminta subsidi dari APBD Kabupate Kerinci.

“Belum ada permintaan, sekalipun akan diberikan subsidi, tidak sepenuhnya dari APBD, pihak pesawat juga ikut berpartisipasi, misalnya subsidi dari APBD maksimal 50 persen,” tandasnya.

Seperti diketahui, Pasific Royal Airways mulai memperpendek langkah operasinya di Bandara Depati Parbo Kerinci. Meski dengan alasan tengah men-service pesawat, namun pihaknya juga belum memastikan akan kembali terbang kembali.

Kadis Perhubungan Kabuapten Kerinci, Guldiyanto, dikonfirmasi oleh harian ini membenarkan hal tersebut. Menurutnya, sejak 15 September lalu, pesawat Pasific Royale ini istirahat beroperasi karena 2 pesawatnya sedang di service.

“Iya, sudah tidak terbang lagi, katanya mereka sedang service 2 pesawat, dari tanggal 15 sampai 25 September,” ujar Guldi.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah pesawat tersebut akan kembali beroperasi pada tanggal 25 September nanti. “Kita lihat dulu tanggal 25 nanti akan terbang atau tidak,” sambungnya.

Guldianto mengatakan, Pemkab Kerinci berharap kepada pihak Pasific Royale Airways  untuk datang ke Kerinci membahas mengenai keluhan dan kendala yang dihadapi pihak maskapai.

“Ada kemungkinan mereka menginginkan subsidi dari APBD Kerinci, jika benar, nanti akan kita bicarakan, apalagi dalam waktu dekat pembahasan APBD murni tahun 2013 akan dimulai,” tandasnya.

(hdi)